Siapkan Tiket Murah

MALANG – Maskapai Kalstar Aviation, benar-benar memberikan promo harga tiket penerbangannya dari Malang ke beberapa wilayah di Kalimantan, dengan harga murah. Efektif mulai Selasa (4/2) kemarin, harga tiketnya hanya Rp 478 ribu untuk rute Malang-Balikpapan dan sebaliknya.
Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Samsu Riswanto menyebutkan, promo harga terbaru ini berlaku selama Februari. Sebelumnya, harga tiket untuk rute tersebut mulai dari Rp 599 ribu. ‘’Ternyata Kalstar masih ingin memberikan harga promosi yang memungkinkan bagi penumpang mencoba rute baru ini tanpa merasa berat diongkos,’’ sebutnya.
Menurut dia, sejak pertama terbang 30 Januari lalu, maskapai yang menggunakan pesawat Boeing 737-500 ini sudah menawarkan harga yang murah.
Bisa jadi, ini juga merupakan strategi untuk meningkatkan load factor (tingkat keterisian) di bulan pertama beroperasi dari Bandara Abd. Saleh Malang.
‘’Sebut saja harga promo, sehingga banyak calon penumpang semakin mengenal keberadaan Kalstar ini. Harga tiket ke Banjarmasin dan Berau yang connecting dari Malang juga terjangkau,’’ bebernya kepada Malang Post.
Kalstar yang berangkat atau terbang dari Malang pukul 11.30 WIB ini mematok tiket Malang-Banjarmasin sebesar Rp 752 ribu. Padahal bila normal harganya di kisaran Rp 1 juta. Harga ini sempat turun menjadi Rp 849 ribu berbarengan dengan harga promo ketika pertama kali terbang pekan lalu, dan ternyata manajemen pesawat yang berpusat di Serpong ini turut menurunkan patokan harga tiketnya pekan ini.
Sementara itu untuk harga tiket ke Berau, Kalstar memasang harga mulai Rp 1,055 juta. Sama dengan dua tujuan lainnya dari Malang, harga berlaku hingga 28 Februari mendatang.
‘’Pesawatnya kan connecting ke Banjarmasin dan Berau. Untuk jam keberangkatan sama, hanya harganya berbeda. Tetapi dijamin masih murah,’’ imbuh Samsu.
Sedangkan selama enam hari beroperasi dari Malang ke Balikpapan, Samsu mengakui antusiasme penumpang lumayan tinggi. Rata-rata penumpang lebih dari 50 persen. Bahkan di hari pertama lalu yang bertepatan dengan jelang liburan akhir pekan, keberangkatan dari Malang membawa 72 penumpang. Berlanjut di tiga hari berikutnya di kisaran 60 penumpang.
Masih menurut dia, bila penumpang menginginkan penerbangan lainnya ke wilayah Kalimatan, bisa pula melalu Bandara Juanda Surabaya. Jam keberangkatan berturut-turut pukul 09.25 WIB untuk tujuan Sampit, pukul 16.50 WIB tujuan Pontianak, dan pukul 08.55 WIB tujuan ke Pangkalanbun. (ley/avi)