Segera Luncurkan Konsep Hotel Ramah Lingkungan

MALANG – Dua rencana besar dimiliki oleh Hotel Sahid Montana Dua Malang untuk menghadapi tahun 2014 ini. Selain rencana ekspansi, hotel tersebut juga bersiap mengangkat tema Go Green di tahun ini, sehingga memiliki perbedaan dengan kompetitor.
General Manager Hotel Sahid Montana Dua Malang, Slamet Sudiharto menuturkan, tahun ini rencana ekspansi hotel dengan menambah jumlah kamar hingga jumlah totalnya menjadi 30 room. “Akhir tahun ini targetnya jumlah kamar mencapai 100 room,” tuturnya.
Salah satu alasannya, semakin kompetitifnya persaingan membuat hotel harus memiliki strategi untuk menjaring tamu. Apalagi, selama ini hotel yang berada di Jalan Candi Panggung ini memiliki catatan yang bagus untuk tamu hotel. Menurut dia, bila dibandingkan dengan Sahid Montana memang okupansinya lebih tinggi. Selisihnya sekitar 5 persen.
“Sahid Montana Dua juga lebih memungkinkan untuk ekspansi. Sehingga kami memaksimalkan di tempat ini,” bebernya di sela-sela acara Memaksimalkan Limbah Hotel untuk Dijadikan Barang Bernilai, Selasa (11/2) kemarin.
Disamping ekspansi, hotel yang memiliki Alang-Alang Café ini juga bersiap mengangkat konsep Go Green, dengan mengurangi kuantitas penggunaan barang plastik. “Selain itu dengan mengangkat konsep ini membuat kami memaksimalkan limbah hotel agar semakin berguna bagi peralatan hotel,” ungkapnya.
Misalnya saja, botol air mineral yang sudah tidak dikenakan diolah menjadi peralatan seperti tempat sampah. Bisa juga dimanfaatkan menjadi sandal, dipadukan dengan barang bekas lainnya.
“Untuk konsep go greennya dengan memberi hadiah berupa tanaman bagi tamu hotel. Nantinya berupa tanaman hias,” imbuh Slamet.
Demi persiapan kesana, hotel tersebut juga menggelar lomba pemanfaatan limbah yang dilakukan oleh karyawan hotel Sahid Montana dan Sahid Montana Dua. Hasilnya, barang bekas seperti koran, botol mineral, plastik detergen, hingga korek api dibentuk menjadi barang berharga. Misalnya tempat tisu, lampu meja, jam meja hingga topeng malangan yang bisa dijadikan hiasan dinding. Masih ada juga sandal yang terbuat dari koran bekas dan kardus.
Hasil karya karyawan tersebut Selasa kemarin ditampilkan untuk dinilai. Manajemen hotel akan mengumumkan pemenang saat peluncuran konsep tersebut bulan depan. “Persiapan peluncuran nantinya bertepatan dengan ulang tahun hotel,” tambahnya.
Sementara itu, dari konsep ini hotel tersebut menargetkan porsi penggunaan plastik terus berkurang, dan akhir tahun lagi prosentase plastik tersisa 40 persen saja. Bahkan, paket meeting pun disiapkan pula dengan tema Green Meeting Package. Semua itu akan dilaunching bulan depan.
Masih menurut dia, dengan konsep tersebut Hotel Sahid Montana menargetkan okupansi 2014 ini mencapai 68 persen, meningkat 5 persen ketimbang tahun lalu. (ley/fia)