Klaim JKK Meningkat Dua Kali Lipat

MALANG – Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang disalurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Malang pada Januari 2014 meningkat drastic jika dibandingakn dengan Desember 2013.
"Awal tahun ini klaim JKK meningkat dua kali lipat dari bulan terakhir tahun lalu. Dari 67 kasus, langsung menjadi 133 kasus klaim dari peserta yang kami tangani," Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti.
Menurutnya, Desember 2013 lalu ketika menerima 67 klaim dari peserta, jumlah dana yang dicairkan mencapai Rp 337,48 juta. Sementara itu, sejalan dengan meningkatnya kasus atau pengajuan klaim dari peserta, perusahaan yang dulunya bernama Jamsostek ini juga mencairkan dana dua kali lipat. Total selama Januari lalu, dana sebesar Rp 656,51 juta disalurkan kepada peserta JKK.
"Semakin tahun memang permintaan klaim semakin besar. Jumlah dana untuk menjamin peserta pun bertambah besar pula," beber perempuan yang sebelumnya berdinas di Blitar ini.
Masih menurut dia, inilah keuntungan bagi tenaga kerja yang perusahaannya mengikuti BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga, begitu ada hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja, pemutusan hubungan kerja (PHK) atau meninggal, tenaga kerja tersebut mendapat jaminan.
"Meskipun semua pekerja enggan mengalami musibah, tetapi jaminan ini untuk keamanan. Apalagi, ketika menjadi peserta ini memiliki banyak kelebihan," urainya kepada Malang Post.
Sementara itu, sejalan dengan nama barunya, BPJS Ketenagakerjaan juga telah menempati gedung baru. Renovasi yang berlangsung sejak akhir tahun lalu telah usai, dan gedung baru ini efektif mulai awal Februari ini sudah menjadi tempat pelayanan.
"Renovasi telah usai, tempat pelayanan juga sudah bisa beroperasi dengan normal lagi. Setelah dua bulan peserta harus dilayani dengan tenda darurat, semoga tempat ini lebih nyaman bagi pelayanan," pungkas dia. (ley/fia)