Pasokan Sayur Aman, Harga Cabe Melejit

MALANG - Harga sayuran terpantau naik perlahan di pasaran, hal ini disebabkan oleh beberapa lokasi utama pemasok sayur terkena abu vulkanik erupsi Gunung Kelud. Sementara untuk bahan pokok masih terhitung stabil perubahan harganya, kecuali cabe rawit yang mengalami kenaikan drastis.
Pedagang Sayur di Pasar Besar Malang, Agung menuturkan bila harga sayuran masih tergolong normal kenaikannya. "Harganya masih wajar, kalaupun naik atau turun hanya sekitar Rp 1000an saja," tuturnya.
Menurut dia, sayuran yang suplai barangnya dari kawasan Batu maupun Pujon yang terkena dampak bencana antara lain sawi pahit, brokoli, kubis, dan selada. Sayuran terseut hingga saat ini harganya masih stabil.
"Harga sawi pahit Rp 6000 ribu per kg. Sedangkan harga brokoli juga masih Rp 12 ribu per kg," ujarnya kepada Malang
Dia menuturkan, harga sayuran memang cenderung tidak terlalu terpengaruh. Pasalnya, petani juga masih bisa memanen sayurnya sekalipun terkena abu vulkanik. Yang sedikit membedakan sepekan belakangan, sayuran memang kurang segar dan belum terlalu tua sudah dipanen.
"Suplai juga aman kok, hanya beberapa sayuran memang terlihat sedikit rusak atau gosong terkena hujan abu. Kalaupun berkurang, tidak sekarang efeknya," tegas Agung.
Dikonfirmasi terpisah, Divisi Manager Fresh Product Hypermart Malang, Budi Erianto menyebutkan, harga sayuran masih aman terkendali. Menurutnya, tidak ada perubahan harga terjadi.
"Bencana erupsi tidak berpengaruh pada harga sayuran. Jika berubah antara Rp 300 sampai Rp 1500 saja kan masih normal," sebutnya.
Menurut dia, pasokan juga masih sesuai dengan perhitungan. Pria yang akrab disapa Didik ini menuturkan, Februari ini masih aman, baik suplai maupun harga. Sementara itu Didik justru menyebutkan bila harga cabe rawit yang sedikit naik. "Segera naik kabarnya dari tempat pemasok Hypermart, kalau ini terlepas dari Gunung Kelud," tegas dia.
Sedangkan di pasar tradisional, harga cabe rawit juga sudah naik sekitar Rp 12 ribuan per kg. Menurut Ida, Pedagang di Pasar Besar Malang, sebelumnya cabe rawit masih di kisaran Rp 25 ribu per kg, namun kini sudah mencapai Rp 38 ribu per kg.
"Yang naik cabe rawit, sepekan terakhir bertahap. Puncaknya ya dua hari ini. Seminggu lalu masih di bawah Rp 25 ribu per kg," urai Ida.
Sementara itu, harga bahan pokok lain seperti bawang merah Probolinggo sebesar Rp 15 ribu per kg, dan harga cabe merah besar Rp 25 ribu per kg serta bawang putih masih normal, yakni Rp 10 ribu per kg.(ley/fia)