BRI Beri Kemudahan untuk Debitur

MALANG – Debitur Kantor Wilayah (Kanwil) BRI Malang tidak luput dari dampak erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Jumlahnya yang besar mencapai 3316 debitur, membuat BRI Kanwil Malang menyiapkan dua langkah utama untuk membantunya pasca bencana. Langkah tersebut yakni rescheduling pembayaran dan memberikan kredit kemitraan.
Menurut dia, hal paling utama yang diperlukan debitur yakni rescheduling atau penjadwalan kembali untuk pembayaran. Pasalnya, perekonomian harus ditata ulang kembali. Misalnya saja bila pekerjaan mereka petani, maka kegagalan panen akibat bencana menghambat kemampuan untuk melakukan pembayaran.
“Hal ini menjadi perhatian utama bagi BRI Kanwil Malang dengan memberikan tambahan waktu melalui proses rescheduling tadi,” bebernya.
Data dari Kanwil BRI Malang, mencatat, jumlah total debitur yang terkena bencana sebanyak 3.316 debitur dengan nilai kredit Rp 86,2 miliar. Debitur itu ada di wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang.
Debitur yang paling banyak terdampak untuk wilayah Kediri sekitar 70 persen, Malang sekitar 27,5 persen, dan Blitar hanya 2,5 persen. Debitur kredit ritel komersial yang terdampak di tiga wilayah itu sekitar 117 debitur dengan nilai kredit Rp 37,1 miliar.
Untuk debitur kredit program ada 59 debitur dengan nilai kredit Rp 9,3 miliar. Paling banyak debitur kredit mikro yang jumlahnya mencapai 3.140 debitur dengan nilai kredit mencapai Rp 39,8 miliar.
Ia menambahkan, selain memberikan bantuan kredit, BRI juga mengirim bantuan logistik kepada korban erupsi Gunung Kelud. BRI mengirimkan berbagai macam bantuan yang dibutuhkan oleh pengungsi seperti logistik, pakaian, pampers hingga peralatan mandi. Selain itu  800 selimut dan 500 terpal di pengiriman bantuan selanjutnya, ketika warga sudah mulai kembali kerumah masing-masing. Total, nilai bantuan yang disalurkan mencapai Rp 650 juta.
“Sejak hari pertama, BRI langsung datang ke lokasi dan memberikan 1500 nasi bungkus dalam sehari, dan berlangsung selama beberapa hari. Jumlah itu terlepas dari kantor cabang yang datang secara pribadi. Selain itu BRI Unit Ngantang juga beroperasi tiga hari setelah erupsi. Kantor berfungsi ganda, sebagai tempat transaksi perbankan dan penyaluran bantuan,” jelas dia.
Kanwil BRI Malang sendiri membawahi wilayah Banyuwangi sampai Magetan. Tercatat, Kanwil BRI Malang mempunyai 23 kantor cabang, 32 kantor cabang pembantu, 512 kantor unit, dan 324 teras, yang tersebar di wilayah Jatim. (ley/nda)