Suplai Tersendat, Harga Bumbu Beranjak Naik

MALANG – Harga bahan pokok kompak mengalami kenaikan di awal pekan ini. Bila sepekan sebelumnya kenaikan harga hanya terjadi pada komoditi cabe rawit dan telah menembus Rp 60 ribu per kilogram, kini bawang merah, bawang putih dan cabe merah besar ikut melonjak.
Di Pasar Besar Malang (PBM) misalnya. Salah satu pedagang bernama Ida mengakui untuk harga cabe rawit naik lagi setelah sempat turun harga. “Harganya memang dua pekan ini untuk cabe rawit naik drastis. Dari harga awal di kisaran Rp 18 ribu per kilogram, lalu melonjak sampai Rp 75 ribu per kilogram,” ujarnya.
Menurut Ida, harganya sempat turun di kisaran Rp 45 ribu per kilogram di akhir pekan lalu. Namun harga cabe rawit kembali naik bertahap dua hari terakhir. “Harga hari ini antara Rp 56 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogram,” sebutnya, kemarin (3/3).
Perempuan berkerudung ini menyampaikan jika harganya memang tidak stabil. Faktornya, suplai mulai tersendat dari beberapa wilayah lain. Misalnya dari Ngantang dan Kediri yang mengalami gagal panen. Menurutnya, saat ini suplai hanya dari Wajak.
“Tetapi tidak normal. Bisa jadi dua hari lagi panenan dari Jawa Tengah sudah ada, harganya bisa turun lagi walaupun sedikit,” urai Ida kepada Malang Post.
Untuk bumbu dapur lain, misalnya bawang merah juga mengalami kenaikan. Harga terbaru bawang merah kini mencapai Rp 35-40 ribu per kilogram. Ida menuturkan, bila suplai bawang merah juga mulai tersendat karena panenan dari Probolinggo sudah habis.
Sebelumnya, harga bawang merah masih di kisaran Rp 15 hingga Rp 20 ribu per kilogram.
Untuk bawang putih tidak ketinggalan mengalami kenaikan. Walaupun belum begitu besar, dari harga pekan lalu masih Rp 10 ribu per kilogram, kini sudah menembus Rp 15 ribu per kilogram untuk kualitas bagus.
“Harganya mulai naik semua, kami takut bila melonjak di atas Rp 50 ribu. Bahkan cabe merah besar ikut naik, rata-rata kenaikannya mencapai Rp 5000 per kilogram,” terang Agus, Pedagang di Pasar Gadang.
Kenaikan harga juga terlihat di pasar modern. Divisi Manager Hypermart Malang, Budi Errianto mengatakan, bila cabe rawit memang sudah naik sejak sepekan lalu. “Harganya sudah sepekan lebih naik untuk cabe rawit. Malahan kini sudah ada harga terbaru,” katanya.
Cabe rawit merah di Hypermart kini menembus Rp 92,9 ribu per kilogram, sedangkan cabe rawit hijau seharga Rp 68,9 ribu per kilogram. Sebelumnya, harganya masing-masing sebesar Rp 77,9 ribu per kilogram dan Rp 64,9 ribu.
“Terus naik harganya, dan infonya untuk bawang merah dan bawang putih menyusul di pekan ini. Sekarang masih memakai harga yang lama,” pungkas pria yang akrab disapa Didik ini. (ley/fia)