2014, Target Penerimaan Pajak Rp 10,8 Triliun

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim III memiliki tugas berat untuk optimalisasi penerimaan pajak di tahun 2014 ini. Pasalnya, target yang dipatok kini mencapai angka Rp 10,8 triliun. “Tahun ini Kanwil DJP Jatim III mendapatkan target penerimaan pajak meningkat 7,99 persen ketimbang target tahun lalu. Target ini terhitung tinggi dan menjadi tantangan bagi kami untuk merealisasikannya,” ujar Kepala Kanwil DJP Jatim III, Budi Santoso.
Menurutnya, target ini disebut tantangan sebab untuk tahun lalu dengan target lebih rendah pencapaiannya belum 100 persen. Selama 2013 lalu pencapaian baru sebesar 84 persen saja, dengan angka penerimaan pajak sebesar Rp 10,06 triliun. “Bila tahun lalu saja targetnya belum setinggi sekarang belum tercapai, tentu tahun ini menjadi tantangan,” bebernya di sela-sela acara Rapat Koordinasi Strategi Pengamanan Pajak, kemarin. Budi, panggilannya menyebutkan, untuk tahun ini coba memaksimalkan penerimaan pajak dari wajib pajak orang pribadi.
Sebab, bila dilihat potensinya sangat besar untuk di bawah naungan Kanwil DJP Jatim III yang wilayahnya meliputi Malang Raya sampai Banyuwangi ini. Selain itu dari beberapa sektor bisnis juga belum maksimal. “Restoran, hotel dan real estate belum terlalu tergali pada 2013 lalu. Padahal, terdapat potensi yang besar dari bisnis tersebut. Bila maksimal, tahun lalu targetnya bisa terpenuhi,” ujar dia.
Salah satu caranya untuk meraih pencapaian yang maksimal ini dengan mengintensifkan sosialisasi. Baik melalui kegiatan yang mengundang masa, memberikan seminar perpajakan hingga mengundang secara khususnya wajib pajak pribadi yang kurang terangkul dalam kesadarannya membayar pajak. “Untuk wajib pajak pribadi bisa dikenalkan dengan intensitas penyebaran brosur sebagai bentuk sosialisai mengenai perpajakan,” urai dia kepada Malang Post.
Selain itu optimalisasi lainnya seperti penyempurnaan sistem administrasi perpajakan (SAP) untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak (WP). Kemudian ekstensifikasi WP pribadi, untuk golongan pendapatan tinggi dan menengah.  Secara nasional target penerimaan pajak secara nasional sesuai dengan amanah APBN 2014 kepada DJP yakni sebesar Rp 1.110,2 triliun. Target tersebut naik Rp 115 triliun atau mematok pertumbuhan sebesar 11,6 persen bila dibandingkan dengan target tahun sebelumnya.
Sementara itu, untuk persiapan menggapai target ini, Kanwil DJP Jatim III menggelar Rapat Koordinasi Strategio Pengamanan Penerimaan Pajak pada Rabu kemarin. Bertempat di Harris Hotel and Convention Malang, semua kepala seksi, account representatives, fungsional pemeriksa dan Pelaksana Kantor Pelayanan Pajak (PKPP) menjadi peserta. “Rapat koordinasi ini untuk pengambilan kebijakan dan penentuan strategi selama 2014 ini,” tegasnya. (ley/mar)