Sales Otomotif Masih Sepi

MALANG – Penjualan otomotif roda empat masih terhitung lesu Februari lalu. Beberapa faktor mempengaruhi penurunan penjualan mobil yang terjadi, sebagai kelanjutan lesunya sales Januari lalu.
Supervisor Suzuki United Motor Centre, I Made Adi Sumerta menyebutkan, untuk Februari lalu sales kembali menurun. “Sepinya sales masih berlanjut bulan lalu. Malah angka jualan di UMC semakin rendah. Sepertinya semua dealer mengalami penurunan, bahkan catatan sales nasional juga begitu,” sebutnya.
Menurut dia, bila Januari lalu UMC berhasil menjual 85 unit mobil, pada Februari, penjualan  masih di angka 77 unit. Pencapaian ini menurun meskipun target penjualan juga sudah diturunkan. Sejak Januari lalu, UMC merevisi target sales per bulan.
“Untuk Januari hingga Maret ini Suzuki UMC hanya menargetkan penjualan 93 unit saja. Jauh menurun dari target awal tahun yang dipatok mencapai 113 unit. Hal ini melihat kondisi yang terjadi, baik suplai, bencana alam hingga jelang Pemilu ternyata berpengaruh besar,” bebernya kepada Malang Post.
Pria yang mulai hari ini (10/3) berganti status menjadi Kepala Cabang Suzuki UMC Sengkaling ini menguraikan, faktor suplai yang menjadi kendala utama. Seperti halnya Januari lalu, suplai terhambat tetapi untuk semua tipe, namun medio Februari lalu suplai dari Suzuki Ertiga masih belum terpenuhi. Padahal, unit Ertiga ini merupakan backbone penjualan sejak 2013 lalu.
Peminat Ertiga ini sangat besar, dari total sales Februari lalu, 45 persen diantaranya untuk low multi purpose vehicle (low MPV) tersebut. Bila suplai normal, penjualan Ertiga bisa bertambah, sehingga menghasilkan penjualan mencapai 60 persen untuk unit itu saja. “Setelah itu baru Karimun Wagon R dan seri pick up,” tegas Made.
Untuk Maret ini, dia optimis penjualan lebih baik. Untuk Suzuki UMC Malang, targetnya masih 93 unit hingga Pemilu berakhir. Sedangkan di Suzuki UMC Cabang Sengkali targetnya masih di kisaran 15-20 unit. “Setelah itu pasti ada target baru lagi, melihat kondisi ke depannya,” ucap dia.
Terpisah, Manager Daihatsu Jolo Abadi Malang, AA. Gede Wisnu Putra juga mengakui sales masih tergolong sepi. Untuk Februari ini angka sales masih sebesar 112 unit saja. “Angkanya justru turun dari penjualan di Januari lalu yang mencapai 115 unit,” terangnya.
Bila Februari lalu masih sepi, dia menargetkan Maret bisa menembus 120 unit untuk penjualannya, dengan mengandalkan unit Xenia yang sedang memberikan promo menarik. Selain itu, Daihatsu Ayla, Grand Max dan Luxio di posisi selanjutnya. “Apalagi unit Luxio kini sudah hadir seri terbaru mulai Februari lalu, dengan tampilan yang berbeda,” pungkas dia. (ley/fia)