Sales Motor Sport Honda Salip Cub

MALANG – Popularitas motor sport Honda terus menanjak beberapa tahun terakhir. Bahkan penjualan motor sport kini menemani tipe matic dan menyalip posisi tipe cub (bebek) selama 2013 lalu untuk wilayah Malang-Blitar.
Deputy Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia MPM Malang-Blitar, Paulus Baptista Bundy menyampaikan, tahun lalu penjualan motor sport Honda mencapai 7500 unit. Angka ini meningkat 147 persen ketimbang tahun 2012 lalu.
“Motor sport sangat populer dua tahun belakangan. Untuk tahun lalu penjualannya sudah di posisi kedua melewati tipe cub,” ujarnya.
Menurut dia, untuk areanya kini penjualan matic menyumbangkan penjualan mencapai 60 persen. Sementara untuk tipe cub atau motor bebek hanya 7 persen saja. “Sisanya 33 persen merupakan tipe sport, dan untuk CB150R di posisi tertinggi,” ungkap Bundy.
Menurutnya, penjualan CB150R menyumbangkan angka 65 persen, terlebih sejak kehadiran Street Fire. Di posisi kedua Honda Verza dengan 28 persen dan Mega Pro di urutan ketiga. Bundy menyampaikan, setiap tipe motor sport Honda memang memiliki target market, dan paling tertinggi market saat ini merupakan golongan anak muda.
“Semua pabrikan sport memang mencatat anak muda sebagai pangsa pasar tertinggi. Untuk tahun 2013 lalu saja, pertumbuhan motor sport all varian 69 persen,” paparnya kepada Malang Post.
Sementara itu di tahun ini, target pertumbuhan tipe sport dipatok 50 persen atau target penjualan sebanyak 12 ribu unit. CB150R Street Fire tetap menjadi andalan. Sementara itu untuk New Honda MegaProFI diprediksi terus meningkat penjualannya. Pasalnya, bila berkaca pada penjualan di Januari-Februari lalu, motor sport ini melebihi angka 5000 unit.
“Januari lalu penjualan New Honda MegaPro FI untuk nasional mencapai 5422 unit. Sementara targetnya baru di kisaran 5000 unit,” ujar Senior Manager Brand Activation PT Astra Honda Motor, Judhy Goutama, di sela-sela acara Ekspedisi Nusantara Honda beberapa waktu lalu.
Mengenai performa, dia memastikan motor sport Honda tetap berkualitas dan juga irit bahan bakar dengan teknologi berkualitas yang diusung. Dari catatan perjalanan ketika Ekspedisi Nusantara 2014 ini, keiritan dilihat dari rute Bekasi-Purwokerto.
“Keiritannya untuk Honda CB150R mencapai 59,03 km per liter, New Honda MegaPro F1 mencapai 74,99 km per liter dan Honda Verza lebih irit lagi yakni 84,51 km per liter,” pungkasnya. (ley/fia)