Bencana Tak Pengaruhi Transaksi Kantor Pos

MALANG – PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Malang mencatatkan kenaikan omzet mail dan parcel Februari lalu. Pencapaiannya menembus Rp 2,08 miliar. Hasil ini mematahkan ketakutan Kantor Pos di pertengahan bulan sebab terjadi bencana yang sempat menghambat operasional pengiriman.
Manajer Penjualan Kantor Pos Besar Malang, Rusdianto menguraikan, bila Februari ini sempat pesimis. “Februari ini jumlah harinya lebih sedikit ketimbang Januari. Lalu masih ada bencana alam dengan Gunung Kelud mengalami erupsi,” urainya.
Menurut dia, di pertengahan Februari ketika terjadi erupsi, beberapa cabang Kantor Pos tutup operasional. Selama tiga hari tidak ada operasional untuk wilayah Pujon, Kasembon dan Ngantang. Belum lagi masalah hambatan pengiriman untuk ke wilayah Kediri, Blitar dan Tulungagung.
Ketika omzetnya dibukukan, ternyata Kantor Pos Malang mengalami kenaikan omzet sebesar 6 persen bila dibandingkan Januari lalu. Sementara ketimbang periode yang sama Februari 2013 terjadi peningkatan mencapai 15,8 persen.
“Januari lalu omzet mail dan parcel baru di angka Rp 1,97 miliar. Sedangkan untuk Februari tahun lalu hanya Rp 1,8 miliar. Tentu saja lega dengan hasil ini,” terang dia kepada Malang Post.
Menurutnya, salah satu faktor yang membuat omzet naik yakni banyaknya permintaan pengiriman korporat. Instansi pendidikan mulai mengirimkan brosur pendidikan ke seluruh wilayah Indonesia. Sekitar 25 persen omzet didapatkan dari korporat atau mencapai Rp 506 juta.
Pria yang akrab disapa Rusdi ini merincikan, omzet surat termasuk dari korporat tadi menyumbangkan angka tertinggi, yakni mencapai Rp 1,16 miliar. Sementara untuk paket mencatat angka Rp 557,5 juta, dan pos internasional Rp 363,7 juta.
Terbalik dengan pencapaian bulan lalu, untuk periode Maret ini, Kantor Pos mematok target omzet di kisaran yang sama. Pasalnya, dari trend tahun 2013, justru mengalami penurunan omzet saat Maret. “Jadi bulan ini targetnya masih di kisaran Rp 2,05 miliar sampai Rp 2,1 miliar saja,” pungkas dia. (ley/fia)