Batik Tulis Andalan Probolinggo

MALANG - Bila Anda berencana untuk mengunjungi pusat perbelanjaan Malang Town Square (Matos) di akhir pekan ini, cobalah untuk melihat pameran yang tengah berlangsung di main hall-nya. Salah satunya, akan menemukan stand yang menawarkan barang berupa Batik Probolinggo. Stand tersebut dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo. Eni Indria, Pengurus Asosiasi Koperasi Batik Kabupaten Probolinggo (Akostik) mengatakan salah satu produk andalan yang dipamerkan adalah batik tulis Probolinggo.
Harga batiknya mulai dari Rp 150.000 untuk ukuran dua meter.  Sesuai dengan asalnya, motif khas yang diusung mengenai apa yang ada di kabupaten yang terkenal dengan tempat wisatanya ini. “Motifnya seperti Gunung Bromo maupun air terjun. Selain itu, motif buah anggur, daun anggu hingga buah mangga juga,” katanya.  Menurut Eni, peminat koleksi batiknya tergolong besar.  
Berdasarkan hasil pameran periode Januari lalu, dalam sehari bisa terjual di atas 10 pieces.  Bahkan saat akhir pekan menembus 17 pieces. Untuk pameran kali ini, target serupa juga diusung. ”Tetapi karena baru hari ini (kemarin), belum tahu lagi seberapa besar peminatnya. Hanya saja dengan motif terbaru dan jauh berbeda dari koleksi sebelumnya pasti diminati pengunjung,” terangnya. (ley/mar)