Bank Sulut Pasang Pertumbuhan DPK Sebesar 100 Persen

MALANG – Bank pemerintah daerah Sulawesi Utara (Bank Sulut) Cabang Malang, mematok pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) cukup besar di tahun 2014 ini. Bank Sulut menargetkan pertumbuhan 100 persen dan jauh melesat ketimbang tahun lalu.
Direktur Utama PT. Bank Sulut, Johanis Saliabana menuturkan, sudah saatnya untuk mematok pertumbuhan maksimal. “Bila biasanya target growth antara 20-30 persen, tahun ini harus lebih tinggi,” tuturnya, di sela-sela peresmian kantor baru Bank Sulut Cabang Malang, Jumat (14/3) lalu.
Menurutnya, target pertumbuhan simpanan ini minimal harus tercapai setengahnya. Artinya, bila tahun lalu jumlah simpanan yang tercatat di Bank Sulut Cabang Malang sebesar Rp 188 miliar, di akhir tahun ini harus mencapai kisaran Rp 275 miliar.
“Bila memungkinkan harus mencapai Rp 350 miliar. Sebab potensinya sekarang semakin besar,” bebernya kepada Malang Post.
Dari besaran simpanan yang ada, deposito mendominasi simpanan nasabah. Totalnya mencapai 90 persen. Untuk nasabahnya jauh berbeda dengan pusat yang berada di Sulut yang sebagian besar merupakan pegawai negeri sipil (PNS), di Malang justru dari kalangan umum.
“Pengusaha dan pegawai swasta untuk daerah di luar pusat. Sebab untuk wilayah lain juga sudah memiliki bank daerah, di sini misalnya Bank Jatim,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Bank Sulut Cabang Malang, Didik Istiyono mengaku target ini merupakan tantangan. Pasalnya dia tidak menduga target minimal 50 persen dari total tahun lalu. “Tentu tugas berat di tahun ini. Raa-rata per bulan harus mencapai Rp 20 miliar. Bahkan, triwulan pertama ini ditarget Rp 30 miliar per bulan,” ujarnya.
Menurutnya, salah satu alasan target tinggi ini selain sudah mengerti pasar setelah empat tahun, juga perpindahan kantor ke wilayah yang lebih strategis pertengahan Maret ini. Didik menyebutkan, akhir Februari lalu total DPK telah menembus Rp 220 miliar. “Sudah bertambah Rp 32 miliar. Tetapi kami harus optimis,” tandas dia.
Sementara itu, Jumat (14/3) lalu, Bank Sulut telah resmi berpindah kantor. Hal tersebut ditandai dengan prosesi Grand Opening Bank Sulut Kantor Baru yang dihadiri langsung oleh manajemen dari pusat, termasuk diantaranya Direktur Utama, Johanis Saliaban. Sehingga mulai Senin (17/3) ini segala pelayanan perbankan sudah berlangsung di kantor baru yang berada di kawasan Jalan Letjen S. Parman. (ley/fia)