Nasabah Sektor Mikro Melonjak

MALANG – Nasabah sektor mikro di BRI Malang Martadinata akhir tahun lalu menembus 178.212 deposan. Jumlah itu meningkat sekitar 20.000 deposan ketimbang tahun sebelumnya, dan menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat pada simpanan mikro di bank tersebut. Faktor inilah, membuat BRI menyiapkan hadiah utama Pajero Sport di tahun ini dan yakin di akhir tahun bisa menembus 200.000 deposan. “Jumlah deposan untuk Simpanan Pedesaan (Simpedes) hampir menembus 180.000 di akhir tahun lalu. Tahun ini malah sudah di atas itu,” ujar Pemimpin Cabang BRI Malang Martadinata, Primartono Gunawan.
Menurutnya, dengan jumlah deposan sebanyak itu, tutup buku di tahun 2013 mencatatkan jumlah simpanan mencapai Rp 939 miliar. Pertumbuhan yang dihasilkan sebesar 20 persen ketimbang tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, selama dua bulan pertama perkembangan jumlah deposan menunjukkan grafik yang cukup bagus. Tercatat, akhir Februari deposan Simpedes BRI Malang Martadinata ini mencapai 182.362 deposan. “Dua bulan ini pertambahannya sekita 4150 deposan, rata-rata lebih dari 2000 deposan perbulan,” ungkapnya.
Sementara untuk jumlah dana yang tersimpan sebesar Rp 960 miliar.  Menurut Prima, sapaannya, memang tidak terlalu besar untuk jumlah dananya, sebab sekalipun deposan bertambah banyak, simpanan deposan lain terkadang juga dikurangi. Saat ini, kantor unit kerja BRI Malang Martadinata terdiri dari 30 BRI Unit, enam Kantor Cabang Pembantu dan enam Kantor Kas. Mulai dari Kanca Malang Martadinata itu sendiri, BRI Unit Polehan, Sawojajar dan Buring untuk area kota, serta lainnya tersebar di sekitar Malang Selatan.
“Mulai sisi timur Unit Ampelgading, sisi paling selatan di Unit Sendangbiru dan Unit Pagak, serta di Unit Sumberpucung. Jadi areanya tersebar luas,” ujarnya. Pria ramah ini menjelaskan, sebagai penggoda dan apresiasi kepada nasabah, BRI menggelar program Hadiah Undian Simpedes yang berlangsung tiap semester. Untuk Semester I tahun 2014 ini, hadiah yang disiapkan sangat memukau, yakni berupa Mitsubishi Pajero Sport yang harganya di atas Rp 400 jutaan.
“Itu grand prizenya sesuai dengan kebutuhan nasabah. Bila 2013 lalu hadiah utamanya berupa rumah di semester pertama, dan Toyota Avanza untuk semester kedua, maka tahun ini jauh lebih menarik. Hadiah lainnya berupa 12 unit sepeda motor Yamaha Mio GT dan 44 unit LED TV,” tegas dia. Dengan begitu, dia optimis menggapai pertumbuhan deposan untuk 2014. Apalagi, hanya dengan Rp 100.000, nasabah sudah berhak menerima satu nomor undian yang akan diundi setelah akhir periode. Sementara itu kemarin, BRI Malang Martadinata melakukan penarikan Undian Simpedes Semester II/2013.
Bertempat di Rumah Makan Bojana Puri Kepanjen, nasabah yang tersebar di semua unit kerjanya tadi turut hadir menyaksikan undian. Hadiah utama Toyota Avanza jatuh kepada nasabah asal Kantor Unit Bantur, sedangkan hadiah kedua berupa Daihatsu Grand Max Pick Up yang berhasil digapai nasabah asal Kantor Unit Polehan.  Selain itu, di setiap kantor cabang BRI juga memberikan hadiah berupa satu unit Honda Beat. “Untuk pengundian Semester II/2013 ini tiap kantor unit pasti mendapatkan hadiah. Totalnya 28 sepeda motor dengan 38 juta nomor undian,” pungkas dia. (ley/mar)