Donasi di Albi Kiosk Alfamart, Sumbangan Tersalurkan

TANGERANG- PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT), pemilik jaringan ritel Alfamart bekerja sama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program “Alfamart Sobat Berbagi - Selalu Dekat, Setia Berbagi” pada Jumat (21/03) di Tangerang.
Selain dihadiri oleh perwakilan manajemen SAT dan ACT, peluncuran program juga dihadiri Duta Kemanusiaan ACT Meyda Sefira. Dukungan masyarakat terhadap Program “Alfamart Sobat Berbagi - Selalu Dekat, Setia Berbagi” dapat dilakukan melalui anjungan mandiri “Albi Kiosk”. Anjungan ini adalah mesin Pelayanan Mandiri untuk konsumen Alfamart.
Albi Kiosk atau dikenal pula sebagai A-Kiosk yang awalnya hanya berfungsi untuk melakukan transaksi pembayaran seperti token PLN, tagihan listrik, isi ulang pulsa telepon, kredit motor, tiket pesawat terbang dan tiket kereta api kini dapat digunakan pula untuk menyalurkan donasi untuk Yayasan ACT yang telah bekerja sama dengan Alfamart. Konsumen cukup masuk ke dalam Menu Donasi yang terdapat di halaman ke-2 menu utama pada “Albi Kiosk”, lalu memilih yayasan penerima donasi.
Selanjutnya memilih jumlah nominal donasi yang akan disumbangkan. Setelah menginput nominal donasi, konsumen akan mendapatkan nomor urut transaksi. Tahap terakhir adalah konsumen melakukan pembayaran ke kasir dengan menyebutkan nomor transaksi. Sebagai bukti transaksi telah dilakukan, konsumen akan memperoleh bukti struk pembayaran. Program “Alfamart Sobat Berbagi - Selalu Dekat, Setia Berbagi” mulai kemarin dapat disalurkan melalui “Albi Kiosk” yang telah tersedia di toko-toko Alfamart pada sembilan kota.
Yakni Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Cimahi, Malang dan Cirebon. “Perusahaan akan terus meningkatkan peran konsumen untuk membantu masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai yayasan yang dapat dipercaya, melalui channel baru ini diharapkan konsumen memiliki banyak pilihan untuk menyalurkan donasi sesuai dengan keinginannya,” papar Corporate Communication General Manager SAT, Nur Rachman dalam rilisnya.
Dia menjelaskan, perusahaan menaruh perhatian besar dalam peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia. “Kami ingin menjadi yang terdepan dalam mengirimkan bantuan, sebagai Toko Komunitas, kami ingin membantu masyarakat, terutama yang berada di sekitar wilayah toko kami,” paparnya. Donasi dari konsumen yang disalurkan khusus bagi  ACT melalui “Albi Kiosk” akan disalurkan dalam program Siaga Bencana, yakni aksi tanggap bencana guna membantu korban bencana di berbagai wilayah di Indonesia.
Sedangkan Vice President Philanthropy Network Departement ACT, Ibnu Khajar menerangkan donasi konsumen melalui  “Albi Kiosk”  akan disalurkan dalam aksi tanggap bencana yang terdiri dari empat aksi, yakni Emergency Rescue, Emergency Relife, Emergency Medic, dan Healing.  Emergency Rescue merupakan tahap evakuasi dan penyelamatan korban, sedangkan Emergency Relife adalah pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana seperti pangan, tempat bernanung, sandang, air bersih, dan lain-lain.
Selanjutnya dilaksanakan Emergency Medic, yakni pelayanan kesehatan dan pengobatan, dan dilanjutkan dengan Healing, yakni pelayanan trauma untuk pemulihan bagi warga selama masa emergency, terutama anak-anak dan kaum wanita.  “Bantuan akan disalurkan untuk pendirian posko kemanusiaan, tim aksi kemanusiaan, pengadaan dapur umum, pelayanan kesehatan dan bantuan logistik.” ungkap Ibnu. Menurutnya, penggunaan “Albi Kiosk” guna menyalurkan donasi merupakan salah satu terobosan baru dalam penggalangan dana kemanusiaan. “Kehadiran “Albi Kiosk” di toko-toko Alfamart tentunya akan memudahkan masyarakat dalam menyalurkan donasinya, karena lokasi Alfamart mudah ditemui.” tambah dia.
Sementara Duta Kemanusiaan ACT Meyda Sefira, mengapresiasi diluncurkannya kerja sama antara Alfamart dan ACT. “Melalui kerja sama ini semakin mudah bagi masyarakat dalam menyalurkan donasinya. Semoga dengan diluncurkannya layanan pembayaran donasi di toko Alfamart dapat semakin memotivasi masyarakat untuk berdonasi membantu sesama,” ungkapnya. (mar)