All New Yaris Hadir Bulan Depan

MALANG – Pecinta otomotif di Malang sudah menunggu kedatangan salah satu hatchback terbaru dari Toyota, yakni All New Yaris. Hal ini dibuktikan dengan mulai banyaknya indenan untuk mobil yang terakhir dipasarkan pada Agustus 2013 lalu ini di Kota Malang.
Supervisor Authorized Dealer Toyota Auto 2000 Sukun, Suprayogi menuturkan, indenan di bulan pertama ini sudah menembus angka 20 unit. “All New Yaris ini di tempat ini saja sudah 20 unit pengindennya, itu posisi di minggu ketiga bulan Maret ini,” tuturnya.
Ia menjelaskan, show unit saat ini belum ada di Malang karena jadwal launching belum dipastikan. Namun, para konsumen rata-rata sudah mengetahui spesifikasi dan gambarnya melalui internet.
“Minggu kemarin sudah di Surabaya. Untuk second city seperti Kota Malang, jadwalnya di bulan April, paling lambat di pertengahan bulan. Kemudian barangnya bisa didistribusikan di minggu terakhir,” beber dia.
Pria yang akrab disapa Yogi ini menyebutkan, Dealer Toyota di Malang sudah mulai menawarkan All New Yaris ke customer pada bulan Maret ini. Upaya tersebut sebagai pengenalan awal, sekaligus mengundang customer untuk mendatangi dealer.
Menurut dia, All New Yaris kali ini akan berubah total secara penampilan. Ground clearance lebih panjang, eksterior dan interior lebih garang sehingga semakin cocok untuk anak muda. Nantinya, harga ditawarkan di kisaran Rp 210 juta sampai dengan Rp 260 juta, tergantung tipenya.
Dia mengungkapkan, periode 2013 lalu penjualan Toyota Yaris mencapai 230 unit dan berlangsung dalam masa delapan bulan saja. Sebab setelah itu mobil ini ditarik dari pasaran untuk hadir dengan model terbaru di tahun ini. Bila dirata-rata, penjualan di kisaran 30 unit per bulan. Sehingga di tahun ini, dia optimis peminatnya lebih baik.
“Ekspektasi awal, target di angka 40 unit per bulan. Angka tersebut sebagai target ideal untuk menjaga rasio indenan, sehingga jarak antara pesanan customer dengan ketersediaan barang tidak terlalu lama. Maksimal dua bulan agar customer tidak kecewa,” urainya panjang lebar.
Kehadiran All New Yaris ini nantinya diyakini akan menarik pasar anak muda, dan posisi penjualannya bisa mengejar atau menemani Innova. “Masih di bawah Avanza dan Ayla, yang memang pasarnya besar dengan harga terjangkau. All New Yaris ini kelasnya menengah ke bawah bila dilihat dari harganya,” tambah Yogi.
Sementara itu, 2013 lalu Toyota Auto 2000 Sukun mencatatkan rata-rata penjualan sebanyak 200 unit per bulan. Avanza menjadi backbone dengan jumlah mencapai 100 unit perbulan, dan bertumbuh 18 persen ketimbang tahun sebelumnya. (ley/fia)