Guest House Nikmati Berkah Long Weekend

MALANG – Guest house di Kota Malang mulai melewati masa low season di awal tahun ini. Hal ini terbukti dengan meningkatnya okupansi bisnis jasa penginapan bernuansa rumah tersebut di bulan Maret ini.
General Manager De Corner Suite Guest House Malang, Nurita Triasari mengakui, untuk Maret ini maintanence okupansi sudah pada posisi 70 persen. “Bulan ini okupansi sudah sedikit meningkat walaupun masih belum maksimal,” ujarnya.
Dia menyampaikan tingkat hunian paling rendah terjadi pada Februari lalu, yang mana keterisiannya masih di bawah 70 persen. Bulan lalu juga menjadi catatan terendah dari guest house yang telah beroperasi selama lima bulan tersebut.
 “Selama tiga bulan pertama atau hingga Januari lalu okupansinya masih bagus. Meskipun Januari sudah memasuki masa low season, tetapi hasilnya masih sesuai target. Sementara Februari kemarin menjadi puncak sepinya,” papar dia panjang lebar.
Menurutnya, memasuki minggu terakhir Maret ini guest house dengan total 21 kamar ini sudah meningkat 10 persen ketimbang bulan sebelumnya. Bahkan, untuk tanggal 29-30 Maret ini kamar sudah terpesan penuh. Sementara pada tanggal 31 Maret sudah terisi 90 persen.
Perempuan ramah ini menuturkan, faktor long weekend merupakan alasan utama tingginya reservasi penginapan di Jalan Telomoyo ini. “Biasanya saat weekend isian selalu di atas 80 persen, apalagi ini liburannya lebih panjang. Malang masih menjadi lokasi liburan pilihan,” terang dia kepada Malang Post.
Terpisah, Owner Enny Guest House, Enny Sulistyowati menuturkan, reservasi berdatangan seiting dengan liburan akhir pekan yang semakin dekat, dari 17 kamar yang tersedia, 90 persennya sudah dipesan oleh para tamu yang rata-rata adalah para wisatawan.
“Wisatawan suka dengan penginapan yang serasa rumah. Sehingga tidak heran saat liburan okupansinya tinggi. Bila reservasinya sudah sebanyak itu, bisa penuh nanti bila ditambah tamu walk in,” urainya.
Masih menurut dia, di guest house yang juga menawarkan beberapa konsep untuk kamar ini memang kerap menjadi jujugan tamu. Selain sudah ‘senior’ dalam hal bisnis guest house, link biro wisata sudah sangat banyak.
“Kerjasama dengan biro perjalanan wisata cukup membantu Enny Guest House untuk menjaga okupansi tetap stabil terutama saat low season,” imbuh dia.(ley/fia)