Hargaa Emas Stabil Rendah

MALANG – Harga emas terpantau kembali mengalami penurunan setelah sempat stagnan di pekan lalu. Baik emas perhiasan maupun emas batangan cenderung turun di awal pekan ini.
Pedagang Emas di Pasar Besar Malang (PBM), H. Hasan mengungkapkan jika harganya cenderung mengalami penurunan untuk minggu terakhir Maret ini. “Dari Senin kemarin sudah mulai turun di bawah Rp 5000 per gram,” ungkapnya.
Menurut dia, untuk emas 99 persen, harga Senin (24/3) lalu sebesar Rp 483 ribu per gram. Turun dari harga Rp 486 ribu per gram di akhir pekan lalu. Sementara sehari sesudahnya atau Selasa (25/3) kemarin turun menjadi Rp 480 ribu per gram.
“Secara keseluruhan untuk bulan ini memang naik turunnya sedikit. Maksimal kenaikan juga Rp 5000 per harinya, rata-rata di angka Rp 3000 per gram. Bulan ini harga paling tinggi untuk emas 99 persen Rp 495 ribu per gram,” papar dia panjang lebar.
Sementara itu untuk harga emas 85 persen kemarin di pasaran dipatok Rp 430 ribu per gram. Untuk emas 75 persen seharga Rp 390 per gram, dan emas 70 persen yang merupakan favorit di pasaran dipatok Rp 355 ribu per gram. Menurutnya, harga yang stabil dan masih rendah ini dijadikan kesempatan oleh masyarakat untuk berburu perhiasan.
“Periode Maret ini mulai terlihat peningkatan, sekitar 15 persen,” tutur dia.
Peningkatan penjualan juga terjadi di toko emas yang berada di pusat perbelanjaan modern. Owner Toko Emas Permata Indah Matos, Sulistyowati menyebutkan sales meningkat, khususnya sejak pertengahan Maret ini.
“Setelah harganya stabil dan masih rendah, orang-orang mulai berburu perhiasan. Meningkat sekitar 10 persen hingga saat ini. Sementara untuk Januari-Februari lalu sales masih sangat sepi,” sebutnya.
Sedangkan dikutip dari situs Logam Mulia, penjualan emas PT Aneka Tambang (Antam) juga mengalami penurunan. Terbaru, Selasa (25/3) kemarin harga emas Antam anjlok Rp 6000 per gram. Sehingga harga terbaru untuk ukuran 1 gram menjadi Rp 536 ribu. Sehari sebelumnya, harga masih berada pada angka Rp 542 ribu. Untuk buybacknya dipatok Rp 476 per gram. (ley/fia)