Seatbelt Warning dan Ground Clearance Jadi Keunggulan Xenia di Kelas MPV

MALANG – Kualitas yang semakin memukau, membuat Daihatsu semakin jadi buruan. Terlebih, mobil ini menyasar dari berbagai kalangan, sekalipun target utamanya merupakan golongan menengah ke bawah.
Branch Manager PT Astra Internasional Tbk- Daihatsu Branch Office Ahmad Yani Malang, Agus Mulyadi menyebutkan, sebagian besar customernya memang golongan keluarga. “Kapasitas menjadi salah satu faktor penentu customer untuk membeli mobil ini,” sebutnya.
Keluarga, sudah tidak memungkinkan lagi menggunakan mobil hatchback atau sedan. Sebab, selain untuk menampung penumpang, barang bawaan juga dipikirkan ketika mengendarai sebuah mobil. All New Xenia merupakan jawaban dari kebutuhan tersebut.
Fitur keamanan lain yang tak kalah penting adalah seatbelt warning yang akan menyala otomatis ketika seatbelt tidak dikenakan oleh pengemudi.  “Selain lebih aman jika terjadi kecelakaan, lebih aman juga karena terhindar dari kemungkinan ditilang karena lupa pakai seatbelt,” imbuhnya.
Dari segi kenyamanan, Daihatsu telah menambah ketebalan jok pada Xenia generasi terbaru. Tidak seperti generasi terdahulu yang terkesan downgrade dan kurang nyaman jika digunakan untuk jarak jauh.
“Dengan jok yang tebal, maka Xenia baru ini lebih nyaman saat dipakai perjalanan keluar kota,” tuturnya.
Masih di sisi interior, kini Daihatsu Xenia terbaru memiliki interior yang lebih mewah dan sporty dengan aksesoris chrome pada bagian dashboard dan door trim. Tambahan chrome ini menjadi pembeda paling kentara antara interior Daihatsu Xenia baru dan lama.
Ia melanjutkan, Daihatsu Xenia juga dibekali dengan tingkat kebisingan dan getaran yang lebih minim dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini berkat engineering design yang lebih baik pada sektor NVH (Noise & Vibration Harshness) Daihatsu New Xenia.
Ke;ebiah lain Xenia yang tak dimiliki MPV lain adalah ground clearance paling tinggi di kelasnya. Rata-rata ground clearance mobil MPV adalah 180 mm. Xenia, ketinggiannya 200 mm. “Sehingga lebih aman saat melewati lubang di jalan raya ataupun melewati banjir dengan ketinggian sekitar 30 cm,’’ urai dia.
Selain ground clearance yang tinggi, Xenia juga lebih tangguh di tanjakan. Hal ini dikarenakan mobil tersebut memiliki roda penggerak di bagian belakang. Sementara MPV lain menerapkan sistem roda penggerak di depan. ‘’Sistem roda penggerak yang berbeda inilah yang membuat Xenia unggul saat melewati tanjakan,’’ urai dia.
Harganya yang ditawarkan terjangkau, mulai dari Rp 147 jutaan untuk kelas 1000cc, dan paling mahal di kisaran Rp 202 jutaan untuk tipe 1300cc. Namun, untuk kelas 1300cc pun harganya paling rendah mulai Rp 164 juta.
“Harganya ini ramah di kantong. Sekarang, All New Xenia terdapat 14 pilihan tipe,” tegas Agus.
Harga ini, customer sudah mendapatkan kepastian keamanan airbag system, yang kini menjadi salah satu item wajib dalam sebuah kendaran. Dia mengakui, sebagian besar customernya memang kalangan menengah. Selain untuk keluarga, mobil ini juga pas untuk bisnis. Misalnya saja travel agent dan paling baru seperti taxi. Banyak taxi yang beralih ke low MPV ini.
Sementara untuk customer pribadi, sebagian besar sales All New Xenia ini merupakan karyawan yang memiliki penghasilan di bawah Rp 10 juta. “Tetapi masih tetap di atas Rp 5 juta. Mayoritas dari golongan itu,” urainya kepada Malang Post. (ley/fia)