Belanja Sekaligus Belajar Sejarah

MALANG – Apakah Anda termasuk kolektor barang kuno? Cobalah mengunjungi Plaza Araya. Pasalnya, disana tengah berlangsung pameran barang antik dari Paguyuban Kendedes Maheswari yang berlangsung mulai Sabtu (29/3) kemarin.
Pameran ini akan berlangsung hingga 11 April bulan depan. Barang-barang seperti kursi kuno, radio, patung, hingga tempat tidur dari jaman dahulu bisa Anda temukan. “Ini koleksi dari anggota paguyuban. Pameran pertama di tahun ini dengan barang-barang tempo dulu yang kami tawarkan,” ujar Penanggung Jawab Pameran Kendedes Maheswari, Sunyoto.
Menurutnya, salah satu koleksi andalan yang patut untuk dilewatkan yakni alat musik piringan hitam atau gramophone. Ini merupakan koleksi di awal tahun 1900an. “Awalnya di akhir tahun 1800an ditemukan. Namun pematenan sekitar tahun 1918,” tutur dia kepada Malang Post.
Gramaphone ini berfungsi untuk memutar piringan hitam sehingga menghasilkan suara yang keras dan bisa didengarkan oleh banyak orang. Dulu pemiliknya hanya kalangan menengah ke atas. “Bisa dibayangkan betapa berharganya barang ini pada jaman dulu. Barang kuno ini sekarang ditawarkan Rp 25 juta,” imbuhnya.
Selain itu, Anda bisa pula menemukan berbagai pilihan radio kuno, yang muncul pada jaman penjajahan Belanda, Jepang atau sesudah kemerdekaan. Menurutnya, pameran ini sekaligus memberikan pengetahuan sejarah benda-benda kuno serta penting pada jaman dulu. Harganya relatif, antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.
“Bisa dibilang mahal. Namun untuk kolektor, yang paling penting nilai seni dan sejarahnya, sehingga memanfaatkan pameran untuk berburu barang antic seperti ini,” papar dia panjang lebar.
Masih menurut dia, koleksi lain seperti ranjang yang dalam bahasa Jawanya disebut amben. Anda bisa memilih ranjang Jawa tulen dengan harga Rp 15 juta yang berbahankan kayu jati, maupun perpaduan Jawa dan Cina. Untuk menentukannya, bisa dilihat dari ukiran dalam ranjang tersebut.
Barang lain seperti patung Punakawan yang terdiri dari Petruk, Bagong, Gareng dan Semar juga bisa Anda temukan. Pilihannya, berbahan kayu maupun kuningan. Harganya dipatok antara Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. (ley/fia)