Batik Memikat Harga Bersahabat

MALANG – Bila Anda tengah berburu fashion batik, cobalah untuk mengunjungi Rina Batik yang berada di Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Di tempat itu Anda bisa memilih berbagai koleksi khas dari Jawa Tengah, mulai dari yang biasa hingga premium dengan harga jutaan rupiah.
Owner Rina Batik MOG, Rina Gantiningtyas mengatakan, bila koleksinya memang mulai dari yang biasa yakni batik cap, hingga yang paling bagus yakni batik tulis. “Juga ada kombinasi antara cap dan tulis,” katanya.
Menurut dia, koleksi batiknya berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah seperti Solo, Yogyakarta dan Pekalongan. Anda tinggal memilih saja, motif dari mana yang paling memikat, sebab setiap batik tersebut memiliki ciri khas, corak dan motif tersendiri.
Untuk tahun 2014 ini dia mengakui, batik tulis Solo yang paling mendominasi penjualan. Begitu pula koleksinya, paling banyak dari sana. “Berdasarkan permintaan customer yang paling banyak dari sana, otomatis koleksinya diperbanyak. Walaupun dari Yogyakarta dan Pekalongan juga tidak kalah menarik,” papar dia kepada Malang Post.
Masih menurut dia, bila Anda berburu batik cap, harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 85 ribu. Pilihannya mulai dari blouse hingga model kelelawar yang trendnya dua tahun belakangan tidak pernah surut.
“Paris kelelawar ini sepanjang jaman. Sekarang batik pun memiliki model ini, harganya antara Rp 90 ribu hingga Rp 250 ribu,” bebernya.
Sementara itu, bila Anda menginginkan batik tulis, harganya tersedia pula dengan harga terjangkau mulai dari Rp 200 ribu. Namun yang paling menjadi favorit akhir-akhir ini, berupa dress batik yang sobek-sobek, dengan harga mencapai Rp 1,5 juta.
“Dress ini diburu oleh kalangan pegawai. Baik yang model biasa hingga batik sobek-sobek. Harganya memang lebih mahal untuk dress yang sebagian besar merupakan batik tulis ini. Golongan matang dan sudah memiliki penghasilan terutama yang berburu koleksi ini,” tambah dia.
Sebaliknya, untuk remaja atau anak muda, cenderung berburu blazer yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp 200 ribu. “Blazernya bolak-balik, terdiri dari dua warna” pungkas Rina. (ley/fia)