Traffic Terus Naik, Mall Masih Bisa Bertambah

MALANG – Geliat perkembangan wisata di Malang ditandai dengan hadirnya mall-mall baru di Kota Pendidikan ini. Saat ini sejumlah mall dengan ragam konsep berbeda menyeruak di titik-titik strategis Kota Malang, seperti Sarinah The Indonesia Emporium, Plaza Araya, Dieng Computer Square, Matos, MOG dan yang akan segera berdiri ada Mall Dinoyo City.
Ketua DPC Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang, Fifi Trisjanti mengungkapkan, perkembangan mall di tahun mendatang masih sangat prospektif. Prediksi ini dilihat dari track record pertumbuhan mall dalam setahun terakhir.
‘Volume kunjungan terus meningkat, begitu juga traffic transaksi di masing-masing tenant pada mall-mall, mampu membuat antusias merk-merk besar untuk masuk dan bertahan di Malang,“ analisanya kepada Malang Post, kemarin.
Diakuinya, saat memasuki awal tahun 2014, tepatnya di bulan Januari dan Februari lalu, jumlah kunjungan tercatat mengalami penurunan. Kondisi ini salah satunya buah dampak dari letusan Gunung Kelud. Fifi menjelaskan, untuk meningkatkan minat kunjungan, pengelola mall dituntut lebih kreatif dengan melahirkan inovasi. Misalnya dengan menggelar event dan sale.
‘’Jumlah kunjungan di bulan Maret sudah naik lagi. Kunjungan anjlok tidak hanya dialami mall, melainkan juga dialami tempat hiburan, dan tempat perbelanjaan lainnya,” aku Fifi.
Mall di malang, lanjut Fifi cukup komplit. Pasalnya, tiap tempat menghadirkan konsep yang berbeda. Seperti Plaza Araya misalnya, lebih menitikberatkan pada mall kuliner dimana banyak stand makanan dan minuman di dalamnya. Ada pula Dieng Computer Square yang khusus menghadirkan produk-produk teknologi, ada juga Matos yang digandrungi oleh pelajar dan mahasiswa karena lokasinya berada di kawasan pendidikan.
’’Bolehlah tambah satu atau dua mall lagi di Kota Malang. Jika terlalu banyak, nantinya justru akan habis-habisan dalam berjuang bertahan. Misal keberadaan hotel yang terlalu banyak, sehingga harus hancur-hancuran di harga sewa,” tutur Fifi.
Sementara itu, mall-mall diMalang pada long weekend kemarin terpantau mengalami peningkatan volume pengunjung. Promotion and Event Staf Plaza Araya Malang, Kusuma Priya Sasongko mengakui bila sejak Jumat (28/3) sore volume kunjungan terpantau meningkat. “Selepas siang, sudah terlihat ada peningkatan. Hari tersebut masih di kisaran 1500 pengunjung,” ujarnya.
Menurutnya, selama empat hari kunjungan mencapai rata-rata 2000 pengunjung. Capaian itu melebihi angka kunjungan saat weekend tanpa adanya tambahan hari libur seperti akhir pekan kemarin. Biasanya, mall yang berada di sisi utara Kota Malang ini saat weekend di kisaran 1800 pengunjung.
Salah satu penanda lainnya, Plaza Araya juga buka hingga malam hari. Sebab, pukul 21.00 WIB pengunjung masih ramai, padahal biasanya jam itu sudah tutup operasional.
“Memang Malang ini masih menjadi favorit untuk berlibur. Begitu pula di tempat ini traffic meningkat secara total 30 persen,” beber dia kepada Malang Post.
Terpisah, Marketing Communication Manager Malang Town Square (Matos) Rahayu Sasmita menuturkan, saat weekend atau Sabtu-Minggu (29/3-30/3) lalu, Matos trafficnya sangat padat. “Kunjungan mencapai 35 ribu orang, untuk dua hari tersebut, belum ditambah hari ini,” urainya, kemarin.
 General Manager MX Mall Malang, Susapto Hadi menambahkan, angka kunjungan ke mall yang berada di jalan Veteran tersebut meningkat 50 persen saat weekend. Tidak heran, bila selama liburan kemarin mall tersebut traffic-nya mencapai 6000 pengunjung per hari. (poy/ley/fia)