Permintaan LED TV Meningkat Jelang Piala Dunia

MALANG – Menjelang momen Piala Dunia 2014, store elektronik mulai merasakan berkah dari gelaran empat tahunan tersebut. Penjualan untuk barang elektronik seperti LED dan Plasma TV meningkat, terutama mulai bulan Maret lalu.
Manager Divisi Elektronik Hypermart Malang, Rajabuel Arif menuturkan, penjualan untuk LED meningkat hingga 20 persen per bulan. “Kenaikan prmintaan sudah mulai terasa. Walaupun sepertinya belum memasuki masa puncak,” tuturnya.
Bila dibandingkan dengan periode yang sama 2013 lalu, penjualan Maret 2014 ini meningkat hingga 40 persen. Sedangkan secara keseluruhan, untuk jenis LED dan TV Plasma, selama triwulan pertama ini meningkat 25 persen ketimbang 2013 di periode yang sama.
Arif menyebutkan, kontribusi penjualan item tersebut melebihi 50 persen sales elektronik secara total di Hypermart Malang. “Sumbangannya mencapai 75 persen hingga Maret lalu,” sebutnya kepada Malang Post.
Lebih lanjut dia memperkirakan, selain faktor menjelang Piala Dunia yang semakin mendekat, penjualan elektronik jenis LED ini menunjukkan trend perekonomian di Malang. Semua sudah beralih pada televisi layar datar, sehingga store elektronik pun menuai berkahnya.
Hanya momen jelang gelaran sepakbola di Brazil ini menjadi salah satu alasan. “Mungkin masyarakat ingin menonton pertandingan di layar lebih besar dan nyaman. Masih ditambah lagi, adanya penawaran spesial dari store dan pabrikan juga berpengaruh,” paparnya.
Sementara itu, Store Manager Plaza Elektronik, Pao Sugiyanto mengakui bila penjualan LED memang mendominasi. Menurutnya, selama tiga bulan ini, kontribusi penjualan bisa mencapai 50 persen. “Baru diikuti mesin cuci dan kulkas. Kalau dua barang ini karena faktor musim atau cuaca,” tegas dia.
Sehingga, di Plaza Elektronik sendiri per harinya, selama tiga bulan ini rata-rata menjual 10 unit LED TV. Sebuah pencapaian sales yang meningkat 20 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. (ley/fia)