Kejar Momen Sebelum Lebaran, Mall Dinoyo City Dikebut

MALANG – Tahun ini, pusat perbelanjaan di Kota Malang akan bertambah. Bila sesuai jadwal, memasuki semester 2 tahun 2014 ini, Mall Dinoyo City ditargetkan sudah mulai beroperasi. Hingga awal bulan ini, progress pembangunan mall yang berdampingan dengan pasar tradisional itu sudah mencapai 85 persen
Direktur Utama PT. Citra Gading Asritama selaku developer Mall Dinoyo City, Heri Mursid Broto Sejati mengungkapkan, progress pembangunan sudah memasuki tahap akhir. “Rangka bangun dan tampilan luar sudah finishing. Tinggal fitting out atau penyempurnaan di dalam saja,” ungkapnya.
Menurutnya, pembangunan memang sedikit molor dari rencana awal. Pasalnya, mall yang berdekatan pula dengan kampus Unisma ini ditargetkan sudah beroperasi sebelum pertengahan tahun ini.
“Tidak bisa dipungkiri bila penyelesaian molor dari target. Banyak kendala dalam pembangunan,” beber dia kepada Malang Post.
Salah satunya, cuaca yang tidak menentu dan menyebabkan pembangunan terkendala hujan. Bahkan, menurut dia, bila dihitung musim penghujan ini sudah terjadi dalam kurun waktu lima bulan lebih. Selama itu pula, bila rencana pembangunan 100 persen, hanya tercapai 75 persen hingga 85 persen saja.
“Intinya sekarang konsep penyelesaian harus disinkronkan antar bagian. Begitu pula dengan pasar tradisionalnya,” urainya.
Selain itu, ada satu kendala yang menurut dia turut menghambat pembangunan. Sedikit konflik horizontal ketika proses penyelesaian pembangunan. Saat ini, Mall Dinoyo City juga sudah mengharapkan kesiapan pedagang untuk memulai beroperasi.
“Ketika semua bangunan fisik telah selesai, otomatis tinggal pedagangnya yang sudah harus mempersiapkan diri. Sekitar Juni nanti sudah kami minta untuk bersiap mengenai isian dan penataan ruang bisnisnya,” papar dia panjang lebar.
Sementara itu, saat ini dari sekitar 400 tenant berukuran kecil hingga sedang yang ditawarkan, hanya tersisa 10 persen saja. Pria ini optimis, bisa melaunching mall yang juga akan mengusung Ramayana sebagai salah satu store besar di dalamnya tersebut.
“Momen sebelum lebaran sangat bagus untuk menarik pengunjung berdatangan ke mall. Semoga tidak ada kendala dalam finishing dua bulan kedepan, dan harus ngebut penyelesaiannya,” harap pria yang juga Ketua DPD REI Komisariat Malang ini. (ley/fia)