Indeks Harga Saham Gabungan Melesat

MALANG – Dua hari jelang libur karena adanya pemilu legislatif, pasar saham menunjukkan trend positif Senin (7/4) kemarin. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meloncat kembali ke level 4900an, setelah kemarin mengalami peningkatan 1,28 persen. Kemarin, IHSG ditutup pada level 4921 poin, meningkat 63 poin pada penutupan perdagangan di awal pekan. “Memulai perdagangan sempat mengalami penurunan tipis,”  ujar Branch Manager SucorInvest Malang, Kartono.
Dia menjelaskan, sempat terjadi kejenuhan beli seperti di perdagangan pekan lalu. Namun akhirnya, IHSG justru melesat mendekati penutupan perdagangan sesi I. Hal tersebut berlanjut hingga sore hari, dan menunjukkan ketangguhannya dengan terus berada di jalur peningkatan. Menurut pria yang akrab disapa Nando ini, investor asing mulai kembali ke jalurnya setelah pekan lalu sempat melakukan pelepasan saham.
“Investor mulai berburu saham-saham yang pekan lalu terkena koreksi. Sehingga investor asing awal pekan ini melakukan nett buy hingga Rp 1,6 triliun,” beber dia. Secara keseluruhan, total value yang terjadi dalam perdagangan kemarin sebesar Rp 6,5 triliun dengan frekuensi sebanyak 272.652 kali transaksi. Sementara volume saham yang diperdagangkan sebanya 3,9 miliar lembar saham. “Catatannya bagus, sehingga di pekan ini bisa mencapai level 5100 poin jika pasar saham tetap dipandang positif,” tegas pria asal Mojokerto ini.
Dia memprediksi hari ini pasar saham juga masih bergerak pada jalur positif. Selain itu, PT Wijaya Karya Beton (Wika Beton) Tbk per hari ini mulai melepas sahamnya di pasar modal. Initial Public Offering (IPO) dari WTON ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 590 per lembar.  Penerbitan saham perdana ini emisinya dijamin oleh Bahana Securities, Danareksa Securities, Mandiri Secuties dan SucorInvest. (ley/mar)