Coblosan, Mall Buka Setengah Hari

MALANG – Pemilu legislatif yang berlangsung hari ini berpengaruh pula pada operasional mall dan departemen store. Pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali ini membuat mall memulai operasional lebih siang untuk memberi kesempatan masyarakat untuk memilih wakil di pemerintahan.
Manajer Operasional Mall Olympic Garden (MOG) Malang, Edi Aleksander mengungkapkan bila di mall tersebut buka setelah jam makan siang. “Perkiraannya, masyarakat mencoblos pukul 11.00 WIB. Jadi MOG akan buka pukul 13.00 WIB,” ungkapnya.
Menurut dia, jika buka lebih siang, setiap tenant atau store yang berada di mall yang berdampingan dengan Hotel Aria ini bisa memberikan kesempatan karyawannya untuk menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS). Baru setelah itu, karyawan kembali bekerja. “Begitu pula karyawan di manajemen mall juga harus menggunakan hak pilihnya,” beber dia.
Dia menyebutkan, tidak ada even spesial dalam liburan kali ini. Selain hanya libur satu hari dan itupun tidak penuh, momen pileg berada di pertengahan pekan. Orang yang berada di luar kota masih tidak sepenuhnya mengikuti pemilu. “Hanya ada pameran otomotif, dan itu sudah rutin evennya,” sebutnya.
Sementara itu, Marketing Communication Manager Matos, Rahayu Sasmita mengakui bila Matos akan memulai operasional pukul 12.00 WIB. “Kami sudah sounding kepada semua tenant, untuk operasional tiga jam lebih lambat dari biasanya,” ujarnya.
Sehingga dia memprediksikan, semua sudah siap satu jam berikutnya atau pukul 13.00 WIB. Pada jam tersebut, masyarakat sudah selesai memilih, bahkan juga telah sejenak beristirahat sebelum mengisi waktu liburnya. Sasmita menargetkan angka kunjungan di hari libur tersebut antara 35 ribu sampai 40 ribu orang. Sebab dia meyakini banyak masyarakat di Kota Malang yang akan memanfaatkan momen liburan ini.
Terpisah, Store Manager Sarinah The Indonesian Emporium, Lies Sukarningsih juga menyampaikan bila departemen store tersebut akan memulai operasional lebih siang. “Sama dengan yang lainnya, buka pukul 13.00 WIB. Untuk target kunjungan pasti lebih tinggi, apalagi Sarinah kan jadi pintu masuk ke bioskop,” tandas dia. (ley/fia)