Layanan Perbankan Ditiadakan

MALANG – Perbankan me-non aktifkan layanan pada hari ini demi memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memberikan hak suara pada calon legislatif di pemilu kali ini. layanan akan kembali normal esok hari.
Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Malang Sutoyo, Widodo Edy Suyoto mengungkapkan, tidak ada peningkatan signifikan dalam transaksi perbankan dua hari sebelum libur. “Masih normal saja dalam dua hari ini, seperti di hari biasanya,” ungkapnya.
Menurut dia, Senin (7/4) lalu memang nasabah berdatangan. Namun, seperti kebiasaan bahwa perbankan jadi buruan nasabahnya begitu akhir pekan. “Biasa kan setelah libur banyak nasabah yang datang untuk bertransaksi, entah menyimpan dana, menarik dana atau membayar angsuran kredit. Begitu juga transaksi Senin kemarin lebih ke pola tersebut,” tambah dia.
Sementara itu, Selasa (8/4) kemarin, ketika Malang Post mengunjungi kantor BRI Malang Sutoyo, memang terhitung normal untuk transaksi dari nasabah. Pagi hari masih terlihat sepi dan tidak terlihat adanya persiapan nasabah yang hendak menikmati masa liburan dengan menyelesaikan urusan perbankan terlebih dahulu.
“Kalaupun ada peningkatan transaksi dan kedatangan nasabah tidak mencapai 10 persen,” tegas Widodo.
Terpisah, Pemimpin BRI Syariah Cabang Malang, Agung Wahyudi Rahardjo juga mengakui hal yang serupa. “Masih terhitung normal semua, tidak seperti menjelang long weekend,” tandas Agung.
Memang terjadi peningkatan, namun tidak seperti hendak menjelang pemilu yang ditakuti banyak orang. Misalnya nasabah mengambil dananya disaat mendekati pemilu. Pasalnya, bank yang berada di Jalan Kawi ini justru mengalami peningkatan nasabah yang menyimpan dananya. “Kurang lebih naik 10-15 persen jika dilihat dari antrian yang ada di banking area,” tambah dia.
Manajer Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Edy Kristianto menuturkan, tidak ada peningkatan transaksi penukaran uang pecahan. “Berbeda memang dengan tempat lain, di Malang ini aman bila dilihat dari aktivitas perbankan,” bebernya kepada Malang Post. Dia meyakinkan semua masih berlangsung standar seperti hari-hari sebelumnya. (ley/fia)