Motif Serat Kayu ala Batik Madura

Flovea Batik
MALANG - Bila Anda berencana berburu kain batik di pekan ini, cobalah untuk mengunjungi pameran Pesona Batik 2014 yang berlangsung di Entrance Hall Malang Town Square. Salah satu standnya bernama Flovea Batik bisa menjadi alternatif bagi Anda dengan batik andalannya.
Sales Flovea Batik, Raden Ayu Kusuma menyampaikan, batik yang diusung merupakan batik tulis dari Madura. "Kami membawa batik tulis Madura yang khas dan harga terjangkau," ujarnya.
Menurut dia, salah satu motif andalannya yakni serat kayu. Motif ini merupakan ciri khas dari sebagian batik Madura. Selain itu ada motif lain seperti kereta kencana dan tiga bendera.
Secara harga, sekalipun batiknya merupakan batik tulis tergolong terjangkau. Harga dipatok mulai dari Rp 85 ribu per lembar, berukuran sekitar 240 cm persegi. "Normalnya jualan kain batik," beber dia.
Dia menyampaikan, paling mahal memang bisa menembus di atas Rp 600 ribu. Harganya tergantung dari tingkat kesulitan pembatikan termasuk menggambar motifnya.
"Tetapi untuk batik Madura bermotif serat kayu di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu. Yang mahal bila menggunakan kain katun primis. Sedangkan kain katun santyo lebih murah," urainya panjang lebar.
Lebih lanjut dia menyebutkan, motif lain yang tidak kalah menarik yakni motif potean, remekan, pekandangan, dan fajar menyingsing. Selain kain batik, Flovea juga mengusung kemeja dan blouse, tetapi jumlahnya terbatas. (ley/fia)