Seri Terbaru, Lebih Fashionable dan Canggih

MALANG - Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen pemegang merek Honda di Indonesia resmi meluncurkan matik terbarunya dengan sistem injeksi, New Honda Vario FI. Fitur terbaru ditanamkan dalam keluaran terbaru yang diluncurkan Maret lalu ini, seperti answer back system dan dual keen eyes LED Headlight.
“Fitur terbaru di seri 110 cc yang kini sudah menggunakan teknologi injeksi ini pada bagian alarm. Answer back system ini bisa membantu pemilik kendaraan yang lupa posisi kendaraannya, terutama ketika berada di tempat parkir umum,” ungkap Supervisor Promosi PT Mitra Pinastika Mulia (MPM) Malang-Blitar, Johnsen.
Cara kerja alarm ini cukup dengan menekan tombol tergantung di kunci New Honda Vario FI. Layaknya pada alarm mobil, maka sepeda motor ini dapat mengeluarkan suara dengan diiringi menyalanya lampu sein. Sebagai tanda keberadaan sepeda motor tersebut di tempat parkir.
“Jaraknya bisa mencapai 40 meter, bahkan menembus penghalang seperti tembok. Ini yang kami andalkan di New Honda Vario FI. Gabungan kecanggihan teknologi dengan kenyamanan serta keamanan, dan desain yang makin fashionable,” papar Jonhsen panjang lebar.
Dia menyebutkan, semua seri Vario kini telah menggunakan teknologi injeksi dengan kemunculan seri terbaru ini. Sebelumnya, sudah ada Vario Techno, Vario CBS ISS dan Vario Techno CBS ISS yang berada di kelas 125 cc.
New Honda Vario FI memiliki fitur-fitur keselamatan seperti standar samping otomatis (side stand switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar samping dalam posisi turun dan brake lock  yang berfungsi untuk mencegah motor bergerak atau terjatuh saat diparkirkan, dan juga kunci berpengaman magnetic (magnetic secure key shutter) yang kini telah terintegrasi dengan tombol pembuka jok (seat opener button).
Lebih lanjut dia menyampaikan, di seri terbaru ini juga terlihat semakin memukau dengan penggunaan lampu dual keen eyes yang kini dilengkapi LED. Keunggulannya, mampu memberi penerangan yang lebih baik bagi pengendara melalui intensitas cahaya yang lebih terang 80 persen dibanding lampu biasa.
“Pemakaian daya listrik juga lebih hemat dibanding pemakaian lampu biasa, dan dijamin memilliki masa pakai lebih lama,” papar dia kepada Malang Post.
Combi Brake System (CBS) juga turut diaplikasikan sebagai fitur canggih pada Honda Vario FI untuk mengoptimalkan pengereman yang maksimal pada kedua roda, sehingga aman di berbagai kondisi. Selain itu, perubahan berikutnya yakni dengan membawa tren baru pada desain motor skutik yang elegan, trendi, dan fashionable.
Model ini dibekali mesin baru berteknologi PGM-FI berpendingin udara yang menghasilkan performa optimal, lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Konsumsi BBM yang dihasilkan lebih irit 26 persen dari model sebelumnya hingga mencapai 56,3 km/liter (metode ECE R40). Emisi yang dihasilkan pun lebih baik dari standar emisi EURO 3.
Satu lagi yang tidak kalah penting,New Honda Vario FI kini memiliki kapasitas bagasi 2 kali lebih besar daripada model sebelumnya yaitu sebesar 13 liter. Sehingga memberi kenyamanan dan kepraktisan bagi pengendara dalam membawa barang untuk menunjang aktivitas keseharian. Selain itu, desain panel meter tampil lebih modern dan memudahkan pengendara untuk membaca navigasi di dalamnya.
New Honda Vario FI juga menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik melalui ketinggian jok yang terendah di kelasnya mencapai 734mm, 24mm lebih rendah dari model sebelumnya. Selain itu juga menawarkan jarak terendah ke tanah yang lebih tinggi yaitu 140mm. Perubahan ini menambah kenyamanan saat berkendara sendirian maupun berboncengan dan sesuai untuk postur orang Indonesia pada umumnya.
“Kami optimis dengan seri terbaru ini. Apalagi di Malang, dengan body lebih tinggi, menghilangkan kesan Vario yang gemuk. Bisa menjadi partner penjualan Honda Beat,” tegas dia. (ley/fia)