Long Weekend, Hotel Mulai Penuh

MALANG – Bisnis perhotelan kembali bersiap menerima berkah long weekend pekan ini. Beberapa hotel sudah dipenuhi reservasi tamu dari luar kota untuk tanggal 18-19 April nanti, saat liburan panjang yang bertepatan dengan libur Paskah di tahun ini.
Salah satu contohnya Harris Hotel and Conventions Malang. Hotel yang berada di sisi utara Kota Malang ini mencatatkan reservasi sudah mencapai 100 persen. “Liburan nanti sudah full booked. Khususnya Jumat (18/4) dan Sabtu (19/4) nanti 100 persen,” ujar Marketing Communication Harris Hotel, Nicky Olivia.
Dia menyampaikan reservasi tamu sudah terjadi sejak awal bulan. Bahkan, minggu pertama April lalu, hotel yang memiliki 229 kamar ini sudah penuh dengan pesanan tamu. “Sejak tanggal 9 April lalu kamar di tempat ini sudah penuh. Jadi peminatnya memang besar dan menunjukkan Kota Malang menjadi tujuan untuk liburan,” beber dia kepada Malang Post.
Masih menurut dia, tamunya sebagian besar dari Jakarta. Selain itu, wisatawan mancanegara juga turut menyumbang angka okupansi saat long weekend nanti. Perempuan asal Medan ini menyebutkan, sekitar 10 persen reservasi berasal dari warga asing.
Sementara itu, General Manager Secretary dan Public Relation Santika Premier Hotel, Yessi Puspitasari menyebutkan, pemesanan kamar telah mencapai 97 persen. Angka ini berlaku untuk tanggal 18 April nanti. “Untuk tanggal 19 April masih dikisaran 70 persen,” sebutnya. Ibu satu anak ini menyampaikan, bila angka ini dipastikan bertambah Rabu dan Kamis hari ini.  
Tingginya okupansi hotel saat long weekend ini juga menunjukkan bila masyarakat sudah lepas dari hingar bingar pemilu legislatif. Sebab, sempat dikuatirkan sebelumnya, pasca pemilu yang artinya masih berlangsung proses pengitungan suara membuat minat calon tamu berkurang. Masih ditambah lagi, waktunya berdekatan dengan Ujian Nasional.
“Banyak keluarga yang mendahulukan kepentingan ujian anaknya. Tetapi nyatanya, long weekend ini juga sangat ramai,” tambah dia.
Di tempat terpisah, Asisstant Marketing Communiacation Manager Best Western OJ Hotel, Ledya Shelfy mengakui, sedikit berbeda dengan hotel lain, hotel tersebut baru mendapatkan reservasi di kisaran 60 persen. Namun dia meyakini, hotel 12 lantai ini menjadi jujugan di saat terakhir.
“Liburan sebelumnya begitu. Ketika H-1 atau hari H baru penuh. Saat ini reservasi masih 60 persen, tetapi last minute pasti penuh,” tegas dia. (ley/fia)