Berbagai Jenis Madu, Asli Produksi Kota Batu

MALANG – Bila Anda sedang mencari madu, cobalah untuk mengunjungi Pasar Grosir Matahari. Di tempat itu kini sedang berlangsung Roadshow Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya produk Madu Kota Batu yang menawarkan 16 macam jenis madu, dengan manfaat dan khasiat yang berbeda.
Manajer Marketing Madu Kota Batu, Roni Fransiska menuturkan, bila dalam pameran ini semua macam madu tersebut dibawa. “Pilihannya beraneka ragam. Tergantung kebutuhan dari customer, untuk apa madu itu dikonsumsi,” tuturnya.
Madu tersebut meliputi madu bunga randu, madu bunga karet, madu bunga kopi, madu bunga kelengkengt dan madu bunga rambutan. Lalu masih ada madu bunga mangga, madu bunga durian, madu bunga jambu dan madu bunga mahoni. Selain itu ada juga madu bunga kaliandra, madu bunga multiflora, madu bunga liar, madu royal jelly, madu pollen, madu super dan madu honey kids.
Menurutnya, semua madu tersebut dikemas dalam tiga pilihan takaran, yakni 350 gram, 450 gram dan 850 gram. Harganya, untuk paling kecil dibandrol Rp 45 ribu. “Tergantung jenisnya. Untuk harga ukuran paling kecil paling mahal Rp 55 ribu,” terang Roni.
Dia menyampaikan, untuk ukuran sedang, bandrolnya mulai dari Rp 55 ribu sampai dengan Rp 70 ribu. Sementara ukurannya seberat 450 gram. “Sedangkan yang paling besar ukurannya 850 gram dengan harga mulai Rp 100 ribu,” jelasnya kepada Malang Post.
Roni menyebutkan, secara umum madu berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan. Selain itu, juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka.
Pria ramah ini mencontohkan, untuk fungsi tambahan tergantung dari jenis madunya. Misalnya, untuk madu royal jelly baik dikonsumsi bagi yang berusia di atas 30 tahun. Kemudian, untuk madu bunga liar memiliki khasiat menghaluskan kulit wajah. (ley/fia)