Pegadaian Tergetkan Transaksi Capai Rp 3T

MALANG – PT Pegadaian (Persero) Malang mencatatkan transaksi  gadai sebesar Rp 2,4 triliun di tahun 2013 lalu. Capaian tersebut membuat omzet Pegadaian bertumbuh pesat, dan tahun ini targetnya lebih tinggi lagi yakni meningkat 25 persen.
Manager Pegadaian Area Malang, Bambang Munirianto mengatakan, tahun ini target penyalurannya meningkat sebesar Rp 600 miliar ketimbang 2013 lalu. “Tahun ini, Pegadaian Malang mendapat target sebesar Rp 3 triliun,” katanya.
Dari raihan yang digapai di tahun lalu, sumbangsih paling  besar pada sektor gadai perhiasan sebesar 80 persen. Sementara sisanya pada gadai barang elektronik dan barang berharga sekitar 15 persen. Porsi paling kecil, pada jaminan gadai surat berharga berupa surat kendaraan bermotor.
“Memang selama ini Pegadaian dikenal dengan gadai emas. Sehingga, dalam setahun nasabah yang menggadaikan perhiasan mencapai Rp 1,95 triliun. Sedangkan untuk gadai barang elektronik masih kecil sekitar Rp 300 miliar,” papar Bambang panjang lebar.
Menurutnya dengan capaian gadai barang elektronik tersebut tergolong besar. Salah satu faktornya, Kota Malang ini penuh dengan pelajar dan mahasiswa. Pada saat bulan tertentu, angka gadai meningkat. Misalnya menjelang tahun ajaran baru dan liburan.
“Mahasiswa berburu dana untuk liburan dan membayar kuliah. Barang elektroniknya seperti handphone, televisi hingga lemari es terkadang digadaikan. Tetapi ada siklusnya, seperti Mei dan Juni nanti pasti meningkat,” bebernya kepada Malang Post.
Masih menurut dia, untuk tahun ini sekalipun target meningkat, Pegadaian tetap optimis. Selama 2014, tantangannya seperti banyaknya hari libur dan agenda politik. “Nasabah Pegadaian ini termasuk loyal. Mereka tidak melihat permasalahan politik,” tambahnya.
Sesuai dengan pengakuan Bambang, bila di tahun lalu pencapaian transaksi gadai masih kurang dari target. Masih kurang Rp 100 miliar. Akan tetapi, dia tetap optimis untuk menggapai target yang diusung di tahun ini.
“Bisa jadi faktor politik membuat keuntungan tersendiri bagi Pegadaian. Sebagai bukti, triwulan pertama tahun ini transaksi gadai sudah melebihi 25 persen dari target,” jelas dia.
Sementara itu, Pegadaian di bulan April ini telah berusia 113 tahun. Ulang tahun yang jatuh pada tanggal 1 April ini ditandai dengan perayaan di Pegadaian Cabang Malang pada Minggu (20/4) kemarin . “Untuk Kanwil XII Jatim, ada perayaan HUT di tiga lokasi. Yakni Malang Kotalama, Madiun dan Jember,” terang Manager Bisnis Pegadaian Kanwil XII Jatim, Abdul Hakim.
Tahun ini tema yang diusung yakni 113 Tahun Pegadaian Penggerak Masa Depan Bangsa. Acara tersebut berupa senam, jalan sehat berhadiah utama emas batangan seberat 5 gram. Selain itu banyak hadiah elektronik. “Tahun ini, Pegadaian coba memaksimalkan sisi pendanaan untuk UMKM dengan dana pinjaman mulai dari Rp 1 juta,” terangnya. (ley/fia)