Produsen Perbarui Koleksi Hatchback

MALANG – Pamor mobil hatchback sempat meredup pasca kehadiran mobil murah selepas tengah semester tahun 2013. Namun kini, satu persatu pabrikan otomotif mengeluarkan seri terbaru untuk mobil penumpang berbasis sedan ini dengan seri lebih bagus dan desain lebih sporty.
Salah satu contohnya Toyota dengan seri Yaris. Semenjak September 2013, mobil yang sempat menduduki peringkat ketiga penjualan Toyota ini ditarik dari pasaran. “Sejak triwulan terakhir tahun lalu Toyota sudah tidak menawarkan Yaris seri yang lama. Sebab, di tahun ini ingin membuat gebarakan,” beber Supervisor Toyota Auto 2000 Sukun, Bachtiar Adji.
Seri terbaru ini dijadwalkan baru ada show unitnya di pekan ini. Menurut Adji, akan coba dikenalkan di salah satu pusat perbelanjaan. Alasannya, banyak customer yang menanti kedatangan mobil ini. “Sudah banyak customer yang bertanya, dan beberapa ada yang inden. Ini membuktikan hatchback Toyota masih dinanti,” tegasnya.
Tampilan sporty All New Yaris ditunjukkan dari desain keseluruhan eksterior All New Yaris. Misalnya, keberadaan projector headlamps dan lampu kabut yang membuatnya memiliki kesan mewah. Sementara buritan  terpasang rear combination lamp yang selaras dengan Keen Look pada wajah depan.
Sementara itu, salah satu hatchback yang kini tampil makin sporty adalah Suzuki Swift dengan nama Swift Sport. “Kini Swift Sport mulai digelontorkan di pasaran, sejak akhir Februari lalu untuk wilayah Malang,” terang Supervisor Suzuki United Motor Centre (UMC) Malang, Dian Purnama.
Menurut dia, selama 2013 lalu, seri ini sumbangsih penjualannya dalam setahun sebanyak 60 unit. Memang, masih kalah jauh dari kompetitor seperti Yaris dan Nissan March. “Tetapi dengan model terbaru ini, kami yakin bisa lebih baik,” beber dia.
Suzuki optimis bisa memperoleh sales 10 unit per bulan, atau dalam setahun mencapai 120 unit. Apalagi, bila melihat pecinta mobil sport di Malang yang semakin besar. Hatchback Suzuki ini diproyeksikan untuk anak muda dan wanita muda. “Yang jelas berjiwa muda, karena tampilannya yang semakin seksi ini,” urai dia kepada Malang Post.
Masih menurut pria asal Bali ini, nama Swift Sport bisa dibuktikan dengan mesin yang kini diusung di seri terbaru itu yang memang berbeda dengan seri sebelumnya. Swift Sport menggunakan unit 1.600 cc yang telah di-tune khusus oleh Suzuki Jepang. Total dayanya mencapai 136 dk dan itu merupakan salah satu mesin normally aspirated 1,600 cc paling bertenaga yang ada di Indonesia.
Saat waktunya diukur, Swift Sport membukukan angka 8,8 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam. “Ini jelas impresif dan membuatnya layak menyandang nama Sport. Akselerasi di kecepatan pun termasuk sigap berkat rasio gearbox yang cukup rapat,” papar dia panjang lebar.
Terpisah, Sales Head Nissan Indomobil Malang, Dani Widodo menuturkan, seri hatchback Nissan malah menjadi andalan setelah Grand Livina. “Seri hatchback yakni Nissan March di beberapa bulan ini selalu di posisi kedua,” tuturnya.
Seri ini memiliki keunggulan sisi harga yang paling terjangkau diantara kompetitor. Apalagi bila tahun ini kompetitor memiliki range harga di atas Rp 200 juta, Nissan March justru di bawahnya. “Itulah sebabanya, dari tahun lalu di kisaran 15 unit per bulan, tahun ini mencapai 25 unit per bulan. Harga paling bersahabat, tetapi model tidak perlu diragukan,” tukasnya. (ley/fia)