Hari Kartini, Bell Boy Jadi Bell Girl

MALANG – Bisnis perhotelan tidak luput menerima berkah liburan panjang saat long weekend pekan lalu. Rata-rata hotel mencatatkan okupansi di atas 90 persen. Pasca itu, hotel juga memeriahkan pula momen Kartinian, dengan konsep acara atau kegiatan yang berbeda.
Director of Sales and Marketing Hotel Aria Gajayana, Ratna Dwi Rachmawati menerangkan, bila saat long weekend pasti hotel penuh. “Ya sama dengan yang lainnya. Saat weekend saja di atas 80 persen, apalagi long weekend,” terangnya.
Namun dia menyebutkan, perhitungan okupansi tinggi ini hanya dalam akhir pekan dan long weekend saja. Sementara untuk tahun 2014 ini, selepas triwulan pertama, justru tidak lebih baik dari tahun lalu. “Average, turun sekitar 10 persenan hingga akhir Maret lalu,” sebut dia kepada Malang Post.
Perempuan asal Surabaya ini menuturkan, tahun lalu saat weekday masih di kisaran 50-60  persen. Sementara untuk saat ini, mencapai 50 persen saja kesulitan. Saat ini, okupansi hotel yang berdampingan dengan pusat perbelanjaan ini masih di bawah 60 persen. “Triwulan pertama kemarin okupansinya di kisaran 55 persen,” tandasnya.
Selepas long weekend lalu, hotel yang connecting dengan pusat perbelanjaan ini hanya terisi di kisaran 70 kamar saja. Menurut General Manager Hotel Aria Gajayana, inilah wajah sebenarnya perhotelan di Kota Malang. “Saat weekday merupakan saat yang tepat untuk melihat okupansi. Pasti di bawah 50 persen,” tegas Edy.
Sementara itu, untuk memeriahkan momen peringatan kelahiran RA Kartini, di hotel Aria Gajayana mengedepankan prinsip emansipasi. Semua staf wanita selama sehari penuh kemarin mengerjakan tugas laki-laki. Diantaranya di depan lobby hotel security wanita dan dua vallet wanita berada di garda terdepan. “Valet wanita ini untuk membatu mengarahkan dan memarkirkan mobil tamu. Selain itu, juga menggunakan kebaya,” terang dia.
Lalu, door girl, bell girl dan guest relation officer pun pada edisi kemarin merupakan wanita cantik dengan kebaya yang memancarkan kecantikan dari perempuan Indonesia. Khusus untuk tamu wanita, akan mendapatkan penghormatan dengan mendapatkan bunga segar. Agar semakin sempurna, Hotel Aria juga menyiapkan Kartini Corner. Ada berbagai macam pilihan batik yang dijual dengan harga terjangkau, serta buku tentang perempuan jaman dulu yang bisa menjadi panutan seperti RA Kartini ini.
Terpisah, General Manager Atria Hotel and Conference, Wahyono menyampaikan, bila di tempatnya memeriahkan Hari Kartini dengan mengunjungi SD Taman Siswa 4 Purwantoro yang letaknya tidak jauh dari hotel.
“Sekitar 20 orang dari manajemen berjalan bersama menuju lokasi,” ujar Wahyono.
Di tempat itu, perempuan yang menjadi lakonnya. Sebab, Training and Development Manager Atria, Inggrid Isabella menceritakan tentang sosok RA Kartini dalam berjuang menyetarakan hak wanita Indonesia kepada siswa SD Taman Siswa. (ley/fia)