Toyota Perkenalkan All New Yaris

MALANG – Pada bulan Maret lalu, PT Toyota Astra Motor telah resmi meluncurkan medium hatchback All New Yaris di Jakarta. Kini, customer di Kota Malang pun sudah bisa melihat secara real bentuk dan model dari generasi dari Yaris itu setelah adanya launching yang berlangsung Senin (21/4) kemarin. Dalam perkenalan ini, Toyota menargetkan surat pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 150 unit.
Toyota mengadakan launching All New Yaris Let The Fun Begin, di Atrium Hall Mall Olympic Garden (MOG) Malang. “Selama dua hari ini target kami bisa mendapatkan tambahan sekitar 70 SPK, sebab saat ini sudah ada 80 SPK dari customer di Auto 2000 Sukun dan Auto 2000 Sutoyo,” ujar Branch Manager Auto 2000 Sukun, Gde Arimbawa.
Menurut dia, jumlah SPK yang tinggi dari hatchback yang keluar pertama kali 2006 ini menunjukkan minat customer yang besar. Maka dari itu, Gde optimis untuk menggapai target tersebut. Terlebih, ketika mengajukan SPK sejak awal peluang untuk memiliki unitnya sebelum lebaran semakin besar.
“Kami coba mengejar minat customer yang meningkat menjelang lebaran. Biasanya penjualan tinggi di masa tersebut, momen tersebut kan kurang tiga bulan lagi,” terang dia.
Dia menargetkan, mobil ini bisa terjual sebanyak 400 unit selama 2014 ini. Target ini meningkat 15 persen ketimbang pencapaian 2013 lalu. Sebab, selama tahun lalu Toyota Yaris berhasil terjual sebanyak 351 unit untuk di Malang Raya.
“Selama delapan bulan ke depan bisa menjual rata-rata 45 unit per bulan itu target kami,” tambahnya.
Masih menurut dia, untuk realisasi inden ditargetkan dalam waktu dua bulan kedepan. Tiap bulannya akan merealisasikan sebanyak 40 unit sebulan untuk satu dealer. Sehingga, bila itu benar terlaksana, maka customer yang telah inden bisa menerima paling lambat bulan Juni. “Untuk yang mengajukan SPK selama launching atau dua hari ini, dijamin paling lambat di awal Juli,” tambah Kepala Cabang Auto 2000 Sutoyo, Rudy Kristanto.
Sementara itu, Toyota memiliki dua jenis hatchback hingga tahun ini. Pertama jenis Starlet yang muncul dalam rentang 1985-1999. Selanjutnya, Toyota meluncurkan Yaris pada 2006, dan pada 2012 lalu secara nasional penjualannya menguasai kelas medium hatchback.
Awalnya, Toyota Indonesia mengimpor Toyota Yaris dari Thailand hingga tahun lalu. Namun di 2014 ini, All New Yaris telah diproduksi di dalam negeri melalui PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan konten lokal sebanyak 60 persen.
Tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, All New Yaris tetap mengedepankan unsur fun dalam unit tersebut. Kini, dengan tema Let The Fun Begin, All New Yaris menawarkan dimensi lebih besar pada sisi kenyamanan, desain lebih berani serta fitur audio sistem yang dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia.
“Perubahan paling signifikan pada keseluruhan eksterior. Selain dinamis dan stylish, Trapezoidal Grille memberi kesan penampilan agresif. Ada tiga varian pada seri terbaru ini yakni tipe G, E dan TRD,” papar Rudi panjang lebar.
Dia menyebutkan, untuk TRD Sportivo hadir dengan tampilan full aerokit mulai dari depan, samping hingga buritan yang dilengkapi dengan spoiler. Sementara varian G mengedepankan konsep stylish luxury. Yang terakhir, seri E hadir dengan model casual sporty. (ley/fia)