Perawatan Baik Pengaruhi BBM

MALANG – Hemat BBM tidak hanya diperoleh dari cara berkendara yang benar. Namun juga diperoleh dari kondisi kesehatan mobil dan perawatan yang diberikan oleh pemilik kendaraan.  Kepala Cabang Daihatsu Jolo Abadi Malang, AA Gede Wisnu Putra pun memberikan tips untuk berkendara hemat BBM ala Daihatsu, khususnya bagi pengguna Xenia. Yang pertama, menjaga perputaran mesin dengan rata-rata bekerja pada 2500-3500 rpm sebagai posisi torsi maksimal.
“Aturlah perpindahan gigi supaya putara mesin berada pada angka itu. Terlalu tinggi BBM terbuang cepat,” jelas dia. Yang kedua, dia menyarankan untuk menghindari akselerasi dan pengereman berlebihan. Prinsipnya, ketika mengerem akan dibutuhkan tenaga mesin lagi untuk mengembalikan kecepatan semula. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk berkendara sekonstan mungkin.
Hemat BBM yang ketiga, bisa diperoleh dari penghematan penggunaan air conditioner (AC). “Kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin. Matikan saja jika berkendara di cuaca yang sejuk,” bebernya. Dia mengakui, jalanan di kota memang cenderung membutuhkan BBM lebih besar. Sedapat mungkin, pengendara menghindari titik kemacetan. Sebab, posisi macet membuat pengendara lebih tinggi intensitasnya menginjak pedal rem dan gas.
Poin paling penting ketika pemilik kendaraan sudah melakukan itu semua, perawatan berkala yang sesuai dengan petunjuk buku panduan service. Di sana disebutkan jangka waktu dalam melakukan service. Mulai dari 5000 kilometer untuk service pertama, selanjutnya 10.000 kilometer, 20.000 kilometer, 30.000 kilometer dan seterusnya.  “Setelah masa itu, setiap kelipatan 10.000 kilometer harus dirawat. Perawatan yang baik, berpengaruh pula pada tingkat konsumsi BBM. Pastikan, Xenia tersebut dalam kondisi sehat,” pungkas Wisnu. (ley/mar)