Dilengkapi Rawat Inap, Dibangun Mei

Proses pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, diproyeksikan bisa dimulai Mei nanti lantaran saat ini masih memasuki proses lelang. Dengan begitu Pemkot Batu benar-benar berusaha mewujudkan impian warga setempat, tentang keberadaan rumah kesehatan warga itu.
Alokasi anggarannya sendiri, juga sesuai usulan Dinas Kesehatan Kota Batu. Yakni, senilai Rp1,6 miliar. Hasil penelusuran Malang Post di LPSE (Layanan Pengadaan Sistem Elektronik), lelang pembangunannya dilakukan dengan system Pemilihan Langsung. Anggarannya dar Dana Alokasi Khusus (DAK) Pelayanan Kesehatan Dasar (Yankesdas), ditambah dana pendamping DAK tahun 2014.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Endang Triningsih menargetkan,  pembangunan sudah bisa dimulai bulan depan, sehingga akhir tahun sudah bisa dioperasikan.‘’ Kami berharap secepatnya ada rekanan memenangkan lelang itu, sehingga pengerjaan bisa cepat dilakukan,’’ tegas Endang.
Endang yang didampingi Kabag Humas Pemkot Batu, Sinal Abidin menambahkan, bahwa warga Kelurahan Dadaprejo sudah sejak empat tahun lalu mengusulkan adanya Pustu. Namun demikian, pihaknya baru tahun ini merealisasi kebutuhan warga tersebut, lantaran keterbatasan anggaran.
Menariknya, pihak Dadaprejo sendiri tidak sekedar mengusulkan pembangunan Pustu, melainkan ikut berperan menyediakan lahan eks tanah kas desa, yang memang statusnya sudah beralih menjadi asset Pemkot sejak wilayah itu meningkat statusnya menjadi kelurahan.
Endang menambahkan, Pustu Dadaprejo nantinya juga dilengkapi fasilitas ruangan bersalin maupun ruang rawat inap.‘’Warga menginginkan fasilitas yang lengkap. Artinya, selain pelayanan kesehatan secara umum ada juga fasilitas ruang bersalin (kesehatan ibu dan anak) serta tempat imunisasi termasuk rawat inap,’’ pungkasnya.(feb/lyo)