Pelindo III Salurkan Dana Binaan Rp 950 Juta

MALANG – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk tahap 24 tahun 2014 sejumlah Rp 950 juta di Swiss Bel-Inn Hotel Malang. Dana PKBL itu diberikan kepada 27 mitra binaan di wilayah Surabaya dan Jawa Timur (Jatim). Dalam penyerahan ini, hadir General Manager PT Pelindo III   Cabang Tanjung Perak, Toto Heli Yanto dan Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia III, Wahyu Suparyono.
Sasaran penyaluran dana ini menurut wilayah penyaluran meliputi 11 mitra binaan dari Surabaya, empat dari Sidoarjo, tiga dari Trenggalek, serta satu masing-masing dari Pasuruan, Bangkalan dan Sumenep. Minta binaan ini mendapat dana tersebut setelah melalui survey dan proses seleksi ketat berdasar penilaian 4P (personality, purpose, payment) dan 5C (character, capacity, capital, collateral, condition).
General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Toto Heli Yanto mengatakan, target penyaluran dana pinjaman lunak dana kemitraan khusus untuk Jatim sebesar Rp 5 Miliar di tahun 2014. Sedangkan, di tahun 2013, tersalurkan sebesar Rp 942,5 Juta. Pihaknya bekerjasama dengan Bank Jatim Cabang Perak demi mempermudah proses pembayaran angsuran bagi mitra binaan yang sekaligus monitoring dan evaluasi piutang.
‘’Pinjaman ini bagian CSR (Corporate Social Responsibility) dan wujud kepedulian terhadap masyarakat yang ingin menumbuh-kembangkan semangat kewirausahaan di era persaingan global saat ini. Mitra binaan tidak melupakan kwajibannya untuk mengangsur pinjaman tepat waktu sesuai perjanjian yang disepakati karena sifatnya bukan bantuan. Mereka agar selalu melakukan bisnis dengan cara jujur, disiplin, dan menapati janji dalam pengembalian angsuran,” terang Toto.
Terpisah, Direktur Keuangan PT Pelindo III, Wahyu Suparyono, menjelaskan pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha bagi mitra binaan Pelindo III digelar atas kerjasama antara pusat kajian dan pengembangan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Brawijaya. Dia berpesan, mitra binaan yang telah menerima pinjaman agar mempergunakan dana pinjaman itu dengan baik.
‘’Tolong pada saatnya mengangsur, angsurlah dengan baik, dan berdaganglah dengan baik dan amanah. Manajemen Pelindo III tidak akan segan-segan mengikutkan para mitra binaan di pameran batik dalam negeri maupun luar negeri. Berbisnilah dengan baik, maju dan meningkat produksinya,” terang Wahyu. (poy/fia)