BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan e-Payment

MALANG - BPJS Ketenagakerjaan terus memantapkan persiapan menuju e-payment system untuk mengganti sistem pembayaran virtual account. Kemarin, BPJS Ketenagakerjaan melakukan edukasi kepada peserta di Swiss Bell inn Hotel Malang. Hadir dalam acara tersebut narasumber dari bank-bank penerima setoran BPJS Ketenagakerjaan, di antaranya adalah BNI, Bukopin, BRI, dan Mandiri.
Acara tersebut diikuti oleh sekitar 200 perwakilan dari perusahaan-perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan di Malang Raya yang berasal dari unsur Human Resources Development (HRD) dan Bagian Keuangan. Hadir pula, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti.
“Acara ini adalah edukasi kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan agar selalu meng-update data kepegawaian. Hal ini tidak saja bermanfaat bagi BPJS, tetapi juga untuk perusahaan itu sendiri, karena akan mempunyai data terkini. Karena, setoran BPJS, apalagi melalui system e-payment, akan sangat tergantung dengan update data yang ada. Mengapa harus selalu mengupdate, karena hal tersebut berpengaruh pada jumlah setoran BPJS,” ujar Sri Subekti.
Ia menambahkan, perubahan dari sistem virtual account menuju e-Payment akan diberlakukan secara menyeluruh pada akhir Juni mendatang. “Ini sekaligus merupakan kesempatan bagi masing-masing perusahaan peserta untuk selalu tertib data. Karena pergerakan tenaga kerja cukup dinamis. Ada tiga jenis perubahan ketenagakerjaan yang tentunya akan selalu memengaruhi jumlah setoran BPJS, yakni mutasi keluar, mutasi masuk, dan perubahan gaji,” terangnya.
Ia mengungkapkan, hingga saat ini sudah tercatat ada sejumlah 2.042 perusahaan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Dari jumlah perusahaan yang sudah bergabung tersebut, ada sekitar 14.000 karyawan yang tercatat. Sementara, di Malang Raya, ada sekitar 1.000 perusahaan yang belum bergabung dengan kami. Saat ini yang selalu meng-update data ada sekitar 25 persen. Nanti, pada akhir Juni, seluruh perusahaan peserta tentu sudah meng-update datanya,” kata dia.
Sementara itu, Marketing Bank BRI Kawi, Irwan Tri Cahyono mengatakan, Bank BRI sangat antusias menyambut perubahan virtual account menuju e-payment. “Kami sudah siapkan infrastruktur untuk  menyambut system e-payment. Dengan model e-payment, pembayaran setoran tidak perlu melalui teller. Tetapi cukup melalui ATM, Internet Banking, atau Cash Management System (CMS). Artinya, pembayaran bisa dilakukan di mana saja, bahkan di rumah,” ujar Irwan. (sin/fia)