Reno Rupo Karya Mahasiswa

Sarinah The Indonesian Emporium
MALANG – Jika Anda sedang berkunjung ke MX Mall di akhir pekan ini, cobalah untuk mengunjungi Store Sarinah The Indonesian Emporium yang berada di Lantai 2. Di sana, Anda akan melihat berbagai koleksi kerajinan tangan dari mahasiswa Universitas Negeri Malang seperti batik, bordir aplikasi hingga lampu meja yang bernilai seni tinggi.
Koordinator Pameran, Anita Oktariani menuturkan, jika pameran ini berlangsung sejak Selasa (29/4) lalu. “Jadwal pamerannya hanya empat hari saja. Namun Sarinah meminta hingga akhir pekan,” ujarnya.
Anita menyampaikan, pameran bertajuk Reno Rupo ini merupakan karya dari mahasiswa sebagai bagian dari tugas akhir. Tidak hanya dipamerkan, bila Anda tertarik, Anda bisa memiliki koleksi tersebut. Tetapi dengan syarat, pembelian dan pengambilan barang ketika pameran berakhir.
“Biar pengunjung Sarinah di mall ini melihat dulu karya kami. Bila berminat, harus ada negoisasi terlebih dulu, sebab beberapa koleksi teman-teman ada yang tidak dijual, sebagai kenangan,” papar dia kepada Malang Post.
Menurutnya, terdapat 60 koleksi dalam pameran ini. Beberapa, sudah ada yang membeli. “Sejak hari pertama sudah banyak yang meminati koleksi kami,” tandasnya, lantas tertawa.
Masih menurut dia, untuk patokan harga, koleksi busana batik dilepas dengan bandrol di kisaran Rp 300 ribu. Memang mahal, tetapi diakuinya jika harga ditentukan dengan rumitnya pembuatan karya batik tulis itu. “Sudah ada yang dipesan pengunjung dengan harga Rp 400 ribu,” tambah dia.
Anita mengakui, selain koleksi batik yang membuat pengunjung cepat tertarik, tas rajut juga tidak kalah menarik perhatian. Tas yang dengan berbagai pilihan corak mencolok ini, dibuat dengan model rajut, bordir hingga perpaduan bordir dengan membatik. (ley/fia)