Lebih Kreatif untuk menarik tamu

MALANG – Santika Premier Hotel Malang merupakan salah satu jujukan wisatawan ketika menginap di Kota Malang. Melalui pelayanan yang maksimal dan mengandalkan personal touch, hotel tersebut memiliki loyal customer yang bisa menjadi andalan ketika menghadapi persaingan di bisnis perhotelan yang semakin ketat.

Hal ini disampaikan oleh Sales Manager Santika Premier Hotel Malang, Panji Teguh, ketika mengunjungi Kantor Redaksi Malang Post, Jumat (2/5) kemarin. “Memang persaingan semakin ketat. Untuk itulah, hotel dan manajemennya dituntut kreatif untuk menarik tamu,” ujarnya.

Menurut dia, personal touch tersebut sangat penting. Pasalnya, selain fasilitas hotel yang bagus, tamu juga menginginkan pelayanan yang tidak kalah memuaskan. Suasana bersahabat yang ditawarkan, diakuinya membuat nilai repeater guest termasuk tinggi.

“Bahkan terdapat tamu yang sudah menginap di Santika hingga 90 kali. Hal itu menunjukkan, mereka nyaman menginap di tempat kami,” beber dia kepada Malang Post.
Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Panji Teguh yang didampingi Public Relation dan General Manager Secretary Hotel Santika, Yessi Puspitasari juga mengakui, bila di tahun ini untuk mencapai target okupansi rate tergolong berat. “Banyak hotel baru sepanjang tahun lalu, tahun ini bisa jadi bukti bahwa kehadiran hotel baru ini secara otomatis membuat manajemen harus kreatif. Tidak masalah sih, asalkan persaingan sehat,” tegasnya.

Sedangkan Pimred Malang Post, Sunavip Ra Indrata menuturkan, banyaknya hotel di Kota Malang ini juga membuka peluang untuk Pemkot memaksimalkan potensi daerah. “Nantinya, ketika rencana operasional Bandara Abd Saleh yang berkelas internasional terlaksana, otomatis memacu untuk Kota Malang memiliki penawaran menarik bagi wisatawan,” beber dia.

Tidak hanya menjadi tempat singgah, namun juga menjadi tujuan wisata itu pula. Suatu contoh Kota Batu. “Bisa jadi merembet ke Kabupaten Malang. Sebab, potensi wisata di Kabupaten tidak kalah mentereng,” tambahnya.

Kesempatan sore kemarin juga dijadikan ajang silaturahmi antara Hotel Santika dan Malang Post untuk saling support. “Sebab, selama ini Santika juga kerap dibantu melalui pemberitaan di media seperti Malang Post ini,” tutup Panji, sebelum meninggalkan Kantor Malang Post. (ley)