Makin Ramah Lingkungan dengan PGM-FI

MALANG – PGM-FI atau Programmed Fuel Injection, istilah ini menjadi populer khususnya di dunia kendaraan bermotor roda dua. Kemampuan mesin injeksi melakukan pembakaran maksimal sehingga lebih ramah lingkungan menjadi pilihan terbaik di tengah isu kerusakan lingkungan dalam beberapa tahun terakhir.
Pabrikan otomotif yang menjadi pelopor PGM-FI adalah Honda. Market leader kendaraan bermotor roda dua di Indonesia ini mulai dikembangkan sejak tahun 2005 dan disempurnakan dari tahun ke tahun.
Teknologi PGM-FI mengawali kehadirannya pada varian Supra X 125 Helm in PGM-FI dan Spacy Helm in PGM-FI. "Teknologi PGM-FI dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan," jelas Supervisor Promotion MPM Malang-Blitar, Johnsen.
Sistem injeksi tersebut mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module). Kemudian, ECM memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal secara efisien, dengan emisi yang ramah lingkungan.
Secara rinci teknologi injeksi ini menawarkan berbagai keunggulan, di antaranya, lebih ramah lingkungan karena mampu menekan emisi hingga 90 persen. "Yang pasti sesuai standar regulasi EURO 3," tegasnya.
Kemudian,lebih irit penggunaan BBM sekitar 30 persen. Sebab, secara pembakaran lebih efisien hingga 17 persen.
Sekalipun irit, teknologi ini menawarkan akselerasi yang lebih responsif dan menjadikan motor lebih bertenaga. "Cocok dengan kandungan Premium di Indonesia," tambah dia kepada Malang Post.
Total, ada sembilan kelebihan ketika menggunakan teknolog PGM-FI. Tambahan lagi seperti mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu udara. 
"Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin. Teknologi serupa yang juga diaplikasikan pada motor di MotoGP," papar dia panjang lebar.
Sistem kendali elektronik dalam PGM-FI didukung oleh MIL (Malfuction Indicator Lamp) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah. Kini,  produk motor Honda yang telah mengaplikasikan teknologi PGM-FI antara lain, Honda CBR250R, Honda CB150R StreetFire, Honda Supra X 125 PGM-FI, Honda Vario Techno 125 PGM-FI dan Honda Spacy Helm In AT. "Tahun ini semua ditargetkan mengunakan PGM-FI," pungkas Johnsen. (ley/fia)