Momen Pernikahan Katrol Penjualan Perhiasan

MALANG – Kemilau perhiasan yang bertabur dengan berlian sangat menarik bagi masyarakat sebulan terakhir. Hal ini dibuktikan dengan peningkatkan sales jewelry di bulan-bulan yang penuh dengan acara sakral seperti pernikahan antara April hingga Juni nanti.
Owner Logam Mulia Jewelry, Benny Hartono menyampaikan, jika penjualan tercatat meningkat sejak awal April. “Perbandingan yang kami pakai dengan bulan sebelumnya. Meningkat 20 persen ketimbang Maret, bila dilihat dengan jumlah item yang terjual,” ungkapnya.
Menurut dia, penjualannya memang tidak sebanyak perhiasan yang menawarkan emas murni. Sebab, dengan adanya berlian untuk mempercantik tampilan jewelry, harganya pun lebih mahal. Patokan harga di atas Rp 2 juta hingga Rp 30 jutaan.
“Jualan perhiasan berlian itu tidak seperti emas. Setiap hari bisa laku. Namun, untuk April ini tiap hari pasti ada pembelian dan pemesanan juga tinggi,” beber dia kepada Malang.
Benny menyebutkan, selama April lalu saja terdapat banyak pemesanan rangkaian perhiasan yang digunakan untuk hari spesial. Misalnya satu set berisi sepasang wedding ring, kalung, anting dan gelang.
“Untuk wedding ring mencapai sepuluh pasang yang pesan lebih dulu. Artinya, mereka mengusulkan model sendiri,” sebut Benny.
Sementara, tidak sedikit pula customer yang datang langsung membeli sesuai dengan model yang ada di outlet. Jumlahnya mencapai dua kali lipat. Sedangkan yang satu set dan biasa dikenakan dalam acara seserahan dia menyebutkan di atas bulan sebelumnya.
“Sekitar lima set dalam sebulan dengan harga ratusan juta. Butuh waktu satu bulan untuk tersedianya pesanan tersebut. Sehingga, yang pesan di bulan Mei ini pasti harus antri,” papar dia panjang lebar.
Terpisah, Sales Julia Jewelry MOG, Ratih Bobby Ayuningtyas mengungkapkan, periode April lalu mulai terjadi peningkatan. “Tetapi belum begitu besar, salesnya meningkat sekitar 15 persen,” ungkapnya.
Masih menurut Ratih, jumlah ini akan lebih meningkat lagi Mei ini, yang mana intensitas pernikahan lebih tinggi ketimbang bulan sebulannya. “Walaupun customer juga membeli untuk hadiah, tetapi bulan-bulan ini terangkat berkat musim nikah sebelum memasuki bulan puasa. Bisa jadi sebagai alat akad nikah,” pungkasnya. (ley/fia)