Penyaluran Beasiswa Pendidikan Meningkat Tajam

MALANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Malang menyalurkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 1,06 miliar di tahun 2014 ini. Angka ini jauh meningkat ketimbang tahun lalu ketika menyalurkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 768 juta.
“Tahun ini kami telah menyalurkan beasiswa pendidikan dan meningkat sekitar Rp 238 juta bila dibanding 2013 lalu,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti.
Perempuan yang akrab disapa Betty ini merinci, bila jumlah tersebut terbagi pada tiga wilayah, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Penerima beasiswa tersebut merupakan anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan.
“Mulai dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Beasiswanya sebesar Rp 1,8 juta untuk anak SD dan SMP, sementara untuk SMA dan Perguruan Tinggi sebesar Rp 2,4 juta,” terang dia kepada Malang Post.
Betty menambahkan, untuk penyaluran di tingkat SD sebesar Rp 475,2 juta dengan jumlah 264 siswa dan SMP sebesar Rp 192 juta dengan jumlah 107 siswa. Sebaliknya, untuk anak SMA mendapatkan jatah Rp 225,6 juta kepada 94 siswa dan 47 mahasiswa secara total sebesar Rp 112,6 juta.
“Penyaluran tahun ini memaksimalkan kuota beasiswa pendidikan bagi Cabang Malang. Ada kriteria juga untuk penerima beasiswa ini salah satunya sebagai siswa berprestasi,” tambah Betty.
Sementara itu, beasiswa tersebut disalurkan dalam bentuk rekening tabungan dan penyalurannya bekerja sama dengan empat bank. Bank tersebut yakni Bank Bukopin, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI. “Prosesi penyerahannya telah berlangsung pada tanggal 2 Mei lalu bertepatan dengan Hardiknas di Balaikota Malang,” pungkasnya. (ley/fia)