BPJS Ketenagakerjaan Kembali Salurkan PUMP-KB

MALANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Malang membuka kembali penyaluran Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB) di bulan Mei ini. Fasilitas pembiayaan untuk uang muka rumah bersubsidi ini sempat terhenti penyalurannya jelang akhir tahun 2013 lalu.
“Tahun lalu, menjelang akhir tahun PUMP-KB memang distop untuk sementara waktu. Baru bulan ini siap melayani permohonan dari peserta,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti.
Menurutnya, berlakunya kembali pembiayaan uang muka ini mengusung target penyaluran lebih tinggi, dengan peningkatan mencapai dua kali lipat. Bila tahun lalu BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya bernama Jamsostek ini mendapat target Rp 1,2 miliar, maka di tahun ini menembus Rp 2,5 miliar.
“Dua kali lipat lebih ya peningkatannya, sebab targetnya mencapai Rp 2,5 miliar. Itu berdasarkan petunjuk teknis yang kami terima,” tutur perempuan yang akrab disapa Betty ini.
Masih menurut dia, selama 2013 lalu, pengguna fasilitas PUMP-KB ini sebesar 60 peserta. Angka ini dipastikan meningkat dua kali lipat pula di tahun ini mencapai 120 peserta. Pasalnya, kuota tersebut harus dimaksimalkan oleh BPJS Ketenagakerjaan tersebut.
Dia menambahkan, untuk besaran pinjaman, masih tetap sejumlah Rp 20 juta sekalipun harga rumah bersubsidi mengalami kenaikan. “Perhitungannya masih tetap. Angka tersebut disesuaikan dengan tingkat kebutuhan untuk uang muka rumah murah,” tandas dia kepada Malang Post.
Sementara itu, untuk memfasilitasi PUMP-KB tersebut, BPJS Ketenagakerjaan di tahun ini sudah menjalin kerjasama dengan Bank Tabungan Negara. “Saat ini yang akan memfasilitasi BTN,” pungkasnya. (ley/fia)