Adu Promo Sambut Liburan Sekolah

MALANG – Bisnis perhotelan mulai meninggalkan masa low season dan menyambut masa liburan sekolah yang dimulai di bulan Mei ini. Hotel mulai menaikkan target okupansi dan berlomba memberikan promo untuk menggoda para tamu yang berlibur di Kota Malang.
Assistant Public Relation Manager Atria Hotel and Conference, Kadek Ayu Ery Ratnawati mengungkapkan, bila April lalu masih terhitung rendah dengan pencapaian okupansi (keterisian hunian) sebesar 65 persen.
“Masih terhitung low season. Walaupun meningkat daripada Maret, average belum achievement dari target,” ungkapnya.
Menurut dia, target dipastikan meningkat di Mei ini. Hotel yang memiliki Canting Restaurant ini mematok target okupansi sebesar 70 persen. “Belum berani terlalu tinggi, masih awal liburan. Baru di bulan Juni meningkat hingga 80 persen,” terang dia kepada Malang Post.
Salah satu cara untuk menggapainya, Atria memiliki promo School Holiday Package. Dimana, tamu akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik ketika memutuskan untuk mempercayakan liburan sekolahnya dengan menginap di hotel yang diresmikan Desember tahun lalu ini.
“Mulai 20 Mei nanti paket itu berlaku. Paket dua malam dengan harga Rp 1,98 juta akan mendapatkan tiket ke museum angkut untuk empat orang. Liburan sekolah kan identik dengan liburan keluarga,” paparnya panjang lebar.
Selain itu, tamu juga mendapatkan merchandise dan kids activity. Kegiatan untuk anak ini seperti kelas memasak dan aktivitas lain. “Semacam kids corner begitu, yang pasti membuat anak-anak merasa betah menginap di Atria,” tandas dia.
Paket ini, menurut perempuan lulusan Universitas Brawijaya ini berlaku hingga 30 Juni mendatang. Bila enggan memilih paket dua malam, maka bisa memilih yang satu malam dengan harga lebih terjangkau.
Terpisah, Assistant Marketing Communication Manager Best Western OJ Hotel Malang, Ledya Shelfy menuturkan, hotelnya memiliki promo kamar dengan harga sebesar Rp 492 ribu. “Paling tidak ini berlaku selama Mei ini dan bisa berlanjut ke bulan Juni nanti,” ujarnya.
Dalam promo yang juga menawarkan hadiah ini, Best Western juga memberikan alternatif pilihan hadiah. Yakni berupa selembar kain batik khas Malang per hari. Bila dua hari, maka bisa mendapatkan dua lembar dan seterusnya.
Masih menurut dia, untuk Mei ini hotel yang berdiri di Jalan Dr. Cipto ini menargetkan okupansi sebesar 75 persen. Target itu meningkat dari pencapaian selama Mei lalu sebesar 50 persen. “Optimis tercapai, sebab hingga sepuluh hari pertama sudah di kisaran 66 persen. Liburan kan mulai minggu ketiga Mei,” ujar Shelfy.
Sementara itu, Hotel Aria Gajayana memiliki Aria Fantastic Package selama Mei ini. Sales Manager Aria Gajayana, Ratna Dwi Rachmawati menyampaikan, dalam paket ini hotelnya menawarkan harga mulai dari Rp 430 ribu per malam. “Keuntungannya seperti diskon laundry, spa, dan  food and beverages hingga 50 persen,” sebutnya. (ley/fia)