Tanggal Merah Bulan Ini Tak Pengaruhi Load Factor

MALANG – Maskapai penerbangan di Malang tampak lebih santai menghadapi banyaknya hari libur yang terjadi periode Mei ini. Pasalnya, berbeda dengan momen liburan yang terjadi April lalu, bulan ini tidak ada momen liburan yang menghasilkan long weekend.
District Manager Sriwijaya Air Malang, M. Yusri Hansyah menyebutkan, liburan kali ini tidak ada persiapan khusus. “Persiapan liburan Mei ini tidak ada yang spesial layaknya minggu ketiga April lalu,” sebutnya.
Menurut dia, Mei ini jumlah hari libur nasional memang lebih banyak. Meliputi Hari Buruh pada 1 Mei, Hari Raya Waisak 15 Mei mendatang, dan Isra Miraj’ pada tanggal 27 Mei. Masih ditambah tanggal 29 Mei yang merupakan Hari Kenaikan Yesus Kristus.
“Bila dilihat lagi, jadwal liburnya justru di tengah pekan. Kalau bulan sebelumnya saat Paskah justru jelang akhir pekan, yakni Jumat. Itu sangat berpengaruh pada isian penumpang,” papar dia panjang lebar.
Pada masa tersebut, selama tiga hari Sriwijaya menambah extra flight sebanyak satu kali per hari. Sebab, demand untuk penumpang dari Jakarta dan sebaliknya tinggi. “Isiannya selalu penuh meski tambah flight. Berbeda dengan bulan ini, Sriwijaya tidak menambah extra flight” tegas dia.
Akan tetapi, Yusri tetap mematok load factor (tingkat keterisian set penumpang) tinggi pada masa tersebut. Yakni antara 95 persen hingga 100 persen. Jumlah yang sama ketika weekend. “Biasanya, saat weekday isian Sriwijaya antara 85 persen hingga 95 persen. Khusus untuk masa liburan, harus sama dengan weekend,” tegas pria plontos ini.
Terpisah, Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Samsu Riswanto menegaskan, untuk liburan ini mematok load factor sebesar 85 persen. Menurutnya, itu angka yang maksimal bagi Kalstar, berdasarkan patokan long weekend April lalu. “Long weekend masih terisi 90 persen saja kemarin,” bebernya.
Sementara, secara keseluruhan untuk April lalu Kalstar mencapai load factor sebesar 60 persen, dan menaikkan target hingga 80 persen di bulan ini. “Sudah memasuki musim liburan, targetnya meningkat,” pungkas Samsu. (ley/fia)