IHSG Capai Point Tertinggi

MALANG - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat mencapai titik tertinggi menutup lantai bursa di perdagangan hari terakhir Jumat (16/5) pekan lalu. IHSG menghijau hingga level 5031 poin di tengah bergairahnya pasar saham dan diprediksi akan berlanjut di pekan ini.
Branch Manager SucorInvest, Kartono menuturkan, capaian ini masih tergolong awal.
"Sepertinya, Mei tahun ini sangat lebih baik, dan bisa mencapai level 5170 poin," tuturnya.
Menurut dia, capaian ini juga menghapus kekhawatiran beberapa analis, yang mana historical Mei cenderung memerah untuk pergerakan indeks. Terbukti, terus bergerak naik, di posisi awal 4800 poin kini sudah bertambah lebih dari 200 poin.
Pria yang akrab disapa Nando ini menyampaikan, portofolio bisnis dari emiten memang cenderung bagus. Sehingga, investor pun aktif di pasar saham. Kalaupun turun, itu efek kejenuhan.
"Jenuh satu atau dua hari pasti terjadi, tapi trend sekarang meningkat," tambah dia kepada Malang Post.
Menurut Nando, pekan ini peluang menanjak semakin besar. Dia tidak menampik, faktor politik berpengaruh besar. "Dulu ketika Joko Widodo resmi dijadikan capres, bursa merespon positif. Sekarang, begitu capres sudah semakin jelas, pilihannya memang naik atau anjlok. Tetapi, investor tampak senang dengan rata-rata capres. Tinggal cawapresnya saja," beber dia.
Sales Equity, Agus Prayitno menambahkan, pekan ini menjadi saat krusial. "Sejarah merah Mei sudah terkikis. Saat penting di pekan ini," bebernya.
Untuk awal pekan, dia memprediksi masih dalam tahap hati-hati. "Resikonya memang besar, jadi sehari menjadi saat berhati-hati. Namun arahnya lebih positif. Tunggu siapa cawapres Jokowi, jika sesuai dengan harapan investor pasti melesat. Atau malah sosok lain yang masih belum muncul," pungkasnya. (ley/fia)