Citilink Segera Tambah Frekuensi Penerbangan

Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah Citilink akan menambah frekuensi penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
Sejak Bandara Halim melayanai penerbangan komersial berjadwal mulai 10 Januari 2014, Citilink menerbangkan sedikitnya 300 ribu penumpang dari bandara tersebut.
"Dalam tempo empat bulan sudah terlihat tingginya animo masyarakat yang memilih terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma. Kondisi tersebut membuat Citilink memastikan untuk secepatnya meningkatkan frekuensi penerbangan dari Halim," kata CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo, Selasa (20/5/2014).
Arif menilai Halim Perdanakusuma sebagai lokasi yang strategis bagi pengembangan bisnis Citilink ke depan, sehingga peluang untuk meningkatkan produktivitas dan ekspansi penerbangan justru terlihat nyata dari bandara yang berlokasi di wilayah timur Jakarta itu.
Selama ini Citilink telah melayani penerbangan melalui Halim dengan tujuan empat kota pulang pergi (PP), yaitu Halim – Yogyakarta (3 kali sehari), Halim – Semarang (dua kali sehari), Halim - Malang (satu kali sehari) dan Halim – Palembang (dua kali sehari).
Terkait peningkatan frekuensi penerbangan, Arif yang juga Ketua Asosiasi Penerbangan Nasional Indonesia itu mengatakan bahwa rute-rute penerbangan yang sudah ada di Halim akan ditambah mulai dari satu hingga dua kali penerbangan dalam sehari.
"Saat ini kami sedang mengajukan peningkatan frekuensi penerbangan dari Bandara Halim, tinggal menunggu izin tahap akhir saja. Begitu izinnya sudah turun, maka segera dilaksanakan mulai 1 Juni mendatang," kata Arif lagi.
Sejak 2012 Citilink telah menerbangkan sebanyak 2,8 juta penumpang yang kemudian meningkat pesat pada tahun 2013 dengan mengangkut 5,4 juta penumpang. Untuk tahun 2104 Citilink menargetkan sebanyak 8,2 juta penumpang.
Citilink juga berhasil mencatat angka 80 persen untuk tingkat ketepatan penerbangan (OTP – On Time Performance) dari Bandara Halim Perdanakusuma selama periode Januari – pertengahan Mei 2014. Sedangkan OTP secara keseluruhan tercapai dengan rata-rata OTP 81,6 persen untuk semua rute penerbangan.(dtc/fia)