Hari Libur, SPBU Tidak Jual BBM Subsidi

JAKARTA - Anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) terus membengkak, saat ini pembengkakan subsidi mencapai Rp 70 triliun. Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengendalikan konsumsi BBM subsidi.
"Ini ada ide yang sedang kami kaji, kalau Sabtu-Minggu atau hari libur SPBU tidak jual BBM subsidi, hanya BBM non subsidi," ucap Menteri ESDM Jero Wacik di The 38th Indonesia Petroleum Association (IPA) Convex 2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/5/2014).
Jero mengungungkapkan, cara ini paling tidak akan menekan jumlah konsumsi BBM subsidi pada hari libur. "Jadi kalau mau libur mau keluar jadi malas, kalau pun mau liburan beli BBM-nya yang non subsidi, mau ke kantor juga nggak perlukan karena kantornya libur," katanya.
Jero menambahkan, saat ini pertumbuhan sepeda motor dan mobil baru di Indonesia makin tinggi, sehingga konsumsi BBM juga ikut terkerek. "Mobil dan sepeda motor baru makin banyak, dan maunya BBM subsidi. Disuruh pakai BBM non subsidi tidak mau, kita kan nggak bisa juga melarang orang beli sepeda motor," ungkapnya.
"Karena hanya seperti yang bisa kita lakukan dalam kurun sisa 5 bulan pemerintahan ini (Presiden SBY), kalau naikin harga BBM subsidi nggaklah sulit itu," tutupnya. (dtc/nda)