Jelang Penas, Permintaan Tour Wisata Naik

MALANG – Kabupaten Malang akan memiliki gawe besar berskala nasional di bulan Juni mendatang, yakni Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XIV 2014. Acara tersebut, menjadi berkah bagi bisnis lain seperti tour and travel agent di Malang Raya, karena mereka bisa memberikan promosi dan penawaran menarik untuk berwisata di sela-sela acara.
Penas Petani Nelayan XIV 2014 akan berlangsung pada 7-12 Juni mendatang. Pada masa itu, beberapa tour and travel mengaku mulai dibanjiri permintaan wisata. “Saat Penas, kami sudah menerima permintaan tour wisata dari peserta Penas,” ujar Executive Director QA Holiday Tour and Travel, Kiky Andhika.
Permintaan wisatanya didominasi ke Kota Batu dan Bromo. Menurutnya, dua lokasi itu sangat menjadi favorit. “Kota Batu memang cukup terkenal menarik wisatawan. Sehingga, peserta Penas pun tertarik untuk melakukan perjalanan kesana,” jelasnya.
Dia menyebutkan, secara keseluruhan tour wisata meningkat hingga 100 persen ketimbang dengan bulan Mei ini. Tetapi dia meyakini masih terus bertambah hingga akhir bulan ini tatkala Penas semakin dekat.
“Sekarang peserta pasti sedang mengatur jadwal dan mencari waktu yang senggang untuk berwisata. Kemungkinan akhir bulan ini masih terus bertambah. Sekarang saja sudah lebih dari 10 jadwal tour wisata selama Penas,” papar dia panjang lebar.
Kiky mengungkapkan, dari sekian banyak permintaan tour wisata, Kabupaten Malang masih jarang dilirik. Padahal, QA Holiday sudah memberikan inputan untuk menikmati keindahan alami di wilayah yang mendapat julukan seribu pantai tersebut. “Semua tour wisata nanti merupakan grup, dan hanya tiga saja yang memilih Kabupaten Malang,” bebernya kepada Malang Post.
Padahal, Kabupaten Malang tidak kalah menarik dengan tawaran liburan alami seperti pantai dan air terjun. “QA Holiday telah memberikan gambar Balekambang, Kondang Merak, Sendang Biru dan tempat pelelangan ikannya, serta daerah terbaru Banyu Anjlok di Lenggoksono. Selain itu, wisata  Coban Pelangi hingga wisata bersejarah seperti Candi Jago di Tumpang.
Terpisah, Sales Counter dari Misama Gataria Tour and Travel Fitrya Nabilla mengakui, permintaan perjalanan wisata memang melesat untuk periode Juni mendatang. Secara khusus untuk area Malang Raya ditambah dengan Bromo, peningkatannya mencapai 25 persen lebih.“Mei ini sudah banyak perjalanan wisata, ada sekitar delapan grup,” bebernya.
Dari jumlah tersebut, beberapa tercatat merupakan permintaan peserta Penas. Sama halnya dengan QA Holiday, Kota Batu menjadi destinasi terbesar dari customer Misama. Jarak menjadi alasan utama.
“Pasti waktu untuk berwisata terbatas. Sehingga memang masih Kota Batu alternatif terbaik. Sementara ke Bromo masih menunggu kejelasan aman atau tidaknya, tetapi ada yang minta kesana,” tandas Fitrya. (ley/nda)